Lihat ke Halaman Asli

Iklan Puasa yang Unik & Kreatif

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tiap bulan puasa udah pasti banyak iklan-iklan TV tentang puasa. Kebanyakan sih standar dan pesan utamanya memang hanya satu, yaitu selamat menunaikan ibadah puasa. Tapi yang namanya iklan ya, selalu ada beberapa yang menonjol kreatifitasnya dan bikin dia unik serta berbeda dari yang lain. Makin menonjol berarti makin menarik perhatian orang, begitu orang makin tertarik maka makin diingat iklannya. Kalau buat saya di tahun ini ada 3 iklan bulan puasa yang unik.

Satu, iklan Axis Joni Blak-Blakan

Pas lihat yang versi pertama sempet bingung ini iklan maksudnya apaan lagi…tapi emang jadi penasaran sih sama ceritanya. Abis lihat versi 2 dan 3 jadi ngerti dan memang ini iklan unik. Jadi si Joni ini pas kecil dapat ramalam dari semcam dukun kalau dia akan jadi orang yang blak-blakan. Alhasil dia jadi sering kritik orang-orang kampungnya tapi yang dia omongin itu ya kenyataan. Memang bener sih orang susah nerima kritikan walupun itu kenyataannya. Mungkin itu juga yang buat iklan ini menarik. Apalagi lihat versi 3 yang bilang lebaran itu buat silaturahmi, bukan buat pamer barang. Bener banget. Lucunya bisa aja si Axis kaitin cerita ini sama fitur mereka yang nyediain SMS sama telpon gratis. Dengan model cerita humoris sebenarnya agak beresiko karena lucu itu kan sangat bergantung sama yang menontonnya. Tapi menurut saya Axis berhasil buat iklan puasa yang menarik dengan Joni Blak-blakan.

Lalu ada iklan PWNU DKI Jakarta

Pas lihat bagian pertamanya kirain iklan operator telekomunikasi seperti Indosat. Tapi ternyata ini iklan ormas PWNU DKI. Biasanya iklan ormas kan kaku-kaku ya seperti iklan layanan masyarakat pemerintah. Mungkin memang sudah kebiasaan kali. Dari dulu iklan pemerintah dan ormas sangat kaku dan kelihatan dibuat-buat. Dari segi kualitas warna dan alur cerita juga begitu. Tapi iklan PWNU DKI Jakarta ini unik soalnya gaya yang dia pakai adalah gaya-gaya iklan modern. Bukan gaya iklan layanan masyarakat masa lalu. Lihat saja dari awal sudah adegan dengan special effect chatting di komputer. Lalu dengan banyaknya anak muda di iklan ini suasananya juga jadi lebih cerah. Apalagi akting mereka natural. Akting Ketua PWNU DKI Jakarta si Pak Djan Faridz juga terlihat natural di sini. Tidak kaku seperti iklan-iklan ormas atau pemerintah lainnya. Jadi iklan ini bagus karena berbeda dengan iklan-iklan ormas lainnya.

Terakhir ada iklan McDonalds. Sayangnya gak nemu iklannya di YouTube. Tapi masih ingat tagline-nya “Hari ini buka puasa sama siapa?”. Iklannya sederhana saja dari satu adegan buka puasa ke adegan buka puasa yang lain di McDonalds. Tapi kita pasti connect banget dengan isinya. Tiap kali kita buka puasa di restoran kan memang untuk kumpul-kumpulnya, baik itu sama keluarga, teman-teman lama, atau teman-teman kantor. Jadi iklan McDonalds berhasil nyentuh penonton karena memang itu kenyataannya yang terjadi.

Ya jadi itu 3 iklan buka puasa yang unik & kreatif menurut saya. Axis karena cerita humorisnya. PWNU DKI karena lebih modern dari ormas lainnya. Dan McDonalds karena menggambarkan kenyataan.



Ada pendapat lain? :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline