Fact
Modul 1.4 Budaya Positif dimulai pembelajaran mandiri pada tanggal 14 Mei 2024 yaitu pada alur Mulai dari diri dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep yang dilakukan dalam Moda Kegiatan Mandiri. Setelah menguasai konsep materi yang cukup padat, dilanjutkan dengan kegiatan ruang kolaborasi 1.4 pada tanggal 21-22 Mei 2024. Adapun materi kegiatan rukol kelompok diminta menemukan analisis 4 kasus yang menarik untuk menemukan soluasi penangan peserta didik agar tetap kondusif dalam pembeajaran. Penguasan konsep yang panjang diluputi oleh beberapa materi antara lain.
1. Disiplin Positif dan Nilai nilai Kebajikan
2. Teori Motivasi, Hukuman dan penghargaan, Restitusi
3. Keyakinan Kelas.
4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
5. Restitusi -Lima Kontrol
6. Restitusi -Segiiga Restitusi
Pada Modul ini saya mempelajari bagaimana peran seorang pemimpin pada sebuah institusi dalam menggerakkan dan memotivasi warga sekolah agar memiliki, meyakini, dan menerapkan visi atau nilai-nilai kebajikan yang disepakati, sehingga tercipta budaya positif yang berpihak pada murid.
Dalam membangun budaya positif tersebut, saya perlu menelaah lebih dalam tentang strategi menumbuhkan lingkungan yang positif. Saya didorong untuk melakukan refleksi atas penerapan disiplin yang dilakukan selama ini di lingkungan sekolah sesuai kontekstual sekolah masing-masing. Bagaimanakah strategi kita dalam praktik disiplin tersebut? Apakah selama ini sungguh-sungguh menjalankan disiplin, atau melakukan sebuah hukuman? Di mana kita menarik garis pembatas?