Lihat ke Halaman Asli

"The Moon Represents My Heart", Tembang Cinta Sepanjang Masa

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

LAGU “Yue Liang Dai Biao De Xin yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai “The Moon Represents My Heart” termasuk lagu evergreen, lagu abadi. Ini merupakan salah satu lagu mandarin sangat populer di dunia.

Betapa tidak. Sejak dipopulerkan oleh Teresa Teng, penyanyi kelahiran Taiwan (29 Januari 1953 - 8 Mei 1995), lagu “Yue Liang Dai Biao De Xin” dibawakan oleh sejumlah penyanyi top dari berbagai belahan dunia.

Dari penyanyi ganteng asal Taiwan sendiri seperti Jerry Yan (lahir 1 Januari 1977) yang dikenal sebagai “Dao Ming Si” dalam “Meteor Garden” sampai penyanyi elok asal Malaysia, Siti Nurhaliza(lahir 11 Januari 1979) yang pandai cakap Bahasa Mandarin. Siti pernah berduet dengan penyanyi China-Amerika Leehom Wang.

Lagu ini juga dibawakan penyanyi muda Korea Selatan, Younha (lahir di Seoul 29 April 1988) sampai penyanyi muda Filipina, Kim Chiu atau terlahir sebagai Kimberly Sue Yap Chiu, chinese filipino yang lahir pada 19 April 1990.

Bukan hanya itu, penyanyi pop Korea, Kyuhyun (lahir 3 Februari 1988) sampai penyanyi China kelahiran Shanghai 10 Februari 1987, Gao Xiaochen membuat lagu ini pun semakin abadi.

Lagu ini juga merupakan salah satu theme song film “Tian Mi Mi” yang dibintangi Deng Chao dan Sun Li, pasangan bintang film muda China yang populer. Deng Chao kelahiran Nanchang, China 8 Februari 1979 dan Sun Li kelahiran Shanghai, 26 September 1982 pun menjadi pasangan sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Film drama percintaan yang diputar di sejumlah negara Asia, mulai dari Korea, Vietnam, sampai Thailand ini membuat “Yue Liang Dai Biao De Xin” makin populer di kalangan anak muda Asia saat ini.

Lagu "Yue Liang Dai Baio Wo De Xin" ini juga menjadi tema utama film "Honesty" (2003) garapan Wong Jing. Bintang film Hongkong Richi Ren membuat film drama komedi  yang diperankannya bersama Cecilia Cheung, makin berwarna.

Leslie Cheung (alm), artis Hongkong (12 September 1956-1 April 2003) menyanyikan lagu ini dengan lembut dan penuh perasaan. Sama seperti ketika Teresa Teng membawakan lagu ini dengan nada melow.

Popularitas lagu ini membuat boyband asal Korea “Paran”, maupun boyband asal Thailand “Power of Voices” fasih membawakan lagu ini di hadapan para penggemarnya.

Peniup saksofon terkenal, Kenny G dalam salah satu albumnya pun membawakan lagu ini. Dalam beberapa kali konsernya, Kenny G tak lupa memainkan lagu romantis ini.

Penyanyi Cyril Niccolai dan Cecilia Cara, sampai Hayley Westenra pun ikut menyanyikan lagu abadi ini. Bahkan penyanyi gaek seperti Nana Mouskouri, penyanyi kelahiran Yunani tahun 1934 yang sangat populer pada masanya, hingga Patti Austin (kelahiran Harlem, New York tahun 1950) pernah menyanyikan lagu ini.

Diva Indonesia, Ruth Sahanaya bersama penyanyi Malaysia Tan Soo Suan dengan orkestranya Dama, mewarnai Tahun Baru Imlek belum lama ini.

Lagu ini memang unik karena tidak hanya disukai orang-orang China, Hongkong, Taiwan, tetapi juga Korea, Thailand, Vietnam, Indonesia, bahkan Amerika dan India. Cobalah iseng-iseng membuka Youtube dan ketikkan “The Moon Represents My Heart”, Anda akan menemukan banyak sekali lagi lagu ini, baik dinyanyikan penyanyi profesional maupun penyanyi amatiran. Inilah bukti bahwa lagu adalah bahasa universal yang bisa diterima orang-orang yang berbeda suku bangsa.

Sangat wajar jika banyak orang dari belahan dunia mana pun, yang suka dengan lagu ini. Jika dinyanyikan dengan lembut dan penuh perasaan, “Yue Liang Dai Biao Wo De Xin” memancarkan tembang cinta nan romantis.

Teresa Teng sendiri sangat populer di negara-negara Asia. Penyanyi Taiwan ini pernah menyanyikan lagu-lagu rakyat (folk song) Indonesia ke dalam Bahasa Mandarin, seperti “Ayo Mama”, “Rasa Sayange”, “Dayung Sampan” (yang dikenal dengan Tian Mi Mi).

Lagu “Yue Liang Dai Biao Wo De Xin” memang lagu abadi. Setelah Terasa Teng menyanyikannya pada masanya, kini anak-anak muda di berbagai negara di dunia tetap membawakannya dengan beragam versi pula, antara lain bernuansa jazz dan R & B.

Namun sesungguhnya lagu ini lebih pas dibawakan dengan lembut, seperti ketika Teresa Teng menyanyikannya dengan penuh perasaan, penuh cinta, penuh kasih. Tak heran jika lagu ini akhirnya menjadi tembang cinta yang romantis yang tetap dinyanyikan sepanjang masa.

Berikut ini lirik lagu yang sangat populer, yang dibawakan Teresa Teng itu.

Ni wen wo ai ni you duo shen/Wo ai ni you ji fen/Wo de qíng ye zhen/Wo de ai ye zhen/Yueliang daibiao wo de xin

Ni wen wo ai ni yuo duo shen/Wo ai ni you ji fen/Wo de qíng bú yí/Wo de ài bu bian/Yueliang daibiao wo de xin

Qingqing de yí ge wen/Yijing dadong wo de xin/Shenshen de yí duan qíng/Jiao wo sinian dao rujin

Ni wen wo ai ni you duo shen/Wo ai ni you ji fen/Ni qu xiang yi xiang/Ni qù kan yí kan/Yueliang dàibiao wo de xin

Qingqing de yi ge wen/Yijing dadong wo de xin/Shenshen de yí duan qing/Jiao wo sinian dao rujin

Ni wen wo ai ni you duo shen/Wo ai ni you ji fen/Ni qu xiang yi xiang/Ni qu kan yí kan/Yueliang daibiao wo de xīn

Ni qu xiang yī xiang/Ni qu kan yi kan/Yueliang daibiao wo de xin

Dan ini terjemahannya dalam Bahasa Inggris:

You want to know how much I care/How much I love you/All my care is true/All my love is true/The moon represents my heart

You want to know how much I care/How much I love you/All my care’s unchanged/All my love stays true/The moon represents my heart

A gentle kiss on me/And my heart’s melted for you/So deeply we’re in love/I can’t cease to hunger for you/

You want to know how much I care/How much I’m loving you/Give it just a thought/And another look/The moon represnts my heart

A gentle kiss on me/And my heart’s melted for you/So deeply we’re in love/I can’t cease to hunger for you

You want to know how much I care/How much I’m loving you/Give it just a thought/And another look/The moon represents my heart

Give it just a thought/And another look/The moon represents my heart

Lagu ini rasanya tepat dinyanyikan bertepatan dengan Hari Kasih Sayang yang jatuh pada hari Minggu 14 Februari 2010. Happy Valentine's Day!

Dalam kesempatan ini sekalian saya ucapkan Gong Xi Fa Cai kepada para sahabat yang merayakannya. Eight fish to wish you Properity, Wealth, Good Health, Peace, Luck, Longevity, Long Lasting Love and Happiness.

Serpong, 13 Februari 2010




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline