Lihat ke Halaman Asli

ROBBY SAMUDRA

Communication Students in President University

Kisah Unik Pertukaran Pelajar Daring Bersama Najma Kenisha

Diperbarui: 10 November 2021   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Najma Kenisha S/Dokumen Najma

Pada saat ini sudah banyak sekali kesempatan serta media yang tersedia bagi pelajar untuk menimba ilmu. Tersedianya banyak program seperti magang, pertukaran pelajar, serta volunteering membuka kesempatan bagi pelajar untuk mengeksplorasi diri serta lingkungan. Sehingga dewasa ini banyak sekali mahasiswa yang tertarik dan berlomba-lomba untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Salah satunya mahasiswi aktif di President University bernama lengkap Najma Kenisha Saputra. 

Mahasiswi yang akrab disapa Najma ini merupakan mahasiswi President University yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Perempuan kelahiran Jakarta ini menamatkan sekolah menengah atas di SMA Negeri 37 Jakarta pada tahun 2019 dan melanjutkan studi di President University. 

Sedari kecil mencoba sesuatu yang memang menjadi tantangan yang menarik bagi perempuan berdarah campuran Aceh dan Jawa ini. Sehingga ia sering sekali mengikuti berbagai kegiatan dan menantang diri sendiri untuk mengikuti kegiatan yang berada di luar zona nyamannya. Terbukti pada saat SMA, Najma Menjadi wakil ketua dari ekstrakurikuler Tari Ratoe Jaroe di sekolahnya. 

Namun, kecenderungannya terhadap desain sejak SD membuatnya memilih jurusan Desain Komunikasi Visual hingga kini Ia aktif dalam berbagai ranah kegiatan sebagai desain dan dokumentasi. Beberapa event tersebut diantaranya; Gardapati Activation Conference 2020 sebagai Komite Marketing & Komunikasi, Mr. & Ms. President University 2021 sebagai Komite Desain & Dokumentasi, dan masih banyak lagi. 

Keinginan Najma untuk mencoba dan mengambil tantangan baru juga terbukti dari posisi yang sedang Ia jabat kini yaitu sebagai Wakil Presiden AIESEC President University bidang Finance, Governance, and Legalities. Dimana bidang tersebut cukup jauh dari ranah perkuliahannya yaitu desain. Tentunya banyak sekali ilmu serta pengalaman yang didapat oleh Najma selama menjabat di bidang tersebut. Sehingga Ia semakin yakin lagi untuk melangkah kedepan mencoba tantangan baru. Tantangan tersebut merupakan mengikuti program pertukaran pelajar ke Universiti Utara Malaysia. 

Program pertukaran pelajar yang dijalani Najma saat ini merupakan program khusus kerja sama antara President University dengan Universiti Utara Malaysia. Pada semester 7 ini, Najma menjadi salah satu exchange student  di jurusan Media Teknologi - College of Arts and Science di Universiti Utara Malaysia. 

Saat ini total 5 subjek yang dipelajari oleh Najma yaitu; Visual Media, Creative and Strategy in Advertising, Interactive Advertising, Media Writing, Introduction to Media Technology. Dari semua subjek tersebut, disetiap subjeknya Najma memiliki teman yang baru akibat sistem yang akademis yang berbeda antara President University dan Universiti Utara Malaysia. 

Dimana di President University menggunakan sistem kelas sehingga kurang lebih teman yang ia temukan di hampir setiap subjek sama. Tentunya banyak hal baru lainnya yang ia pelajari termasuk budaya, bahasa, hingga soft skill lainnya yang belum ia dapatkan sebelumnya. 

Menjadi exchange student secara online di masa pandemi tentunya kisah unik yang sulit untuk dilupakan bagi Najma. Beradaptasi dengan lingkungan baru yang tidak berasal dari dalam negeri secara daring tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Menjadi ramah, berpikiran terbuka, serta memulai percakapan merupakan cara jitu bagi Najma untuk cepat beradaptasi serta menambah relasi disana. 

Banyaknya kewajiban serta tanggung jawab yang dimiliki Najma saat ini juga mengharuskan dirinya untuk terus bersemangat serta memiliki manajemen waktu yang bagus. Karna bagi mahasiswa yang menerima beasiswa 100% dari President University ini manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa terutama di masa pandemi. 

Dibalik kesibukannya di luar bidang akademik perkuliahan, ia berharap dapat mempertahankan beasiswa 100% yang ia miliki saat ini. Najma berkeinginan untuk dapat magang di perusahaan dengan sektor fashion dan skincare dengan lingkungan yang suportif. Serta Najma bercita-cita untuk bekerja di bidang kreatif sebagai creative designer.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline