Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Cara Diet yang Sehat?

Diperbarui: 3 Februari 2018   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi: www.hidoctor.ir

Diet ini sudah menjadi kebiasaan wanita dan pria yang memiliki badan di atas normal atau bisa dikatakan gemuk. Mereka pasti memilih ingin diet untuk mengurangi berat badannya agar bisa ideal. Tetapi permasalahan disini, bagaimana ya cara diet yang sehat itu ? 

Okay, aku akan berbagi tips pada kompasianer disini. Perlu kita ketahui bahwa setiap makanan memiliki kandungan zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Ada apa aja jenis dan fungsi zat gizi itu ? 

1. Karbohidrat yang berfungsi untuk penghasil energi.

2. Lemak yang berfungsi untuk penghasil energi dan pembangun serta pemelihara jaringan. 

3. Proterin yang berfungsi sama seperti lemak dan ditambah satu yaitu pengatur. 

4. Vitamin yang berfungsi untuk pembangun dan pemelihara jaringan. 

5. Mineral fungsinya sama seperti vitamin. 

6. Air yang berfungsi untuk pengatur. 

Nah, ini berbagai kandungan zat gizi yang tentunya sangat berfungsi untuk tubuh kita. So, kalau makan kita jangan asal makan aja ya. Seharusnya kalau makan harus sesuai dengan kebutuhan kita bisa dikatakan gizi seimbang. Biasanya ada orang kalau makan nasinya banyak tapi sayur ddan lauknya sedikit. Kita bisa tau bahwa nasi itu sumber karbohidrat. So, yang nambah itu energinya saja untuk tubuh kita, tidak untuk fungsi yang lainnya.

Itu sedikit penghantar terkait dengan kandungan gizi, sesuai dengan versi penulis, jika diet yang sehat seperti apa ya ? 

1. Punya catatan kecil : Kita harus memiliki buku catatan kecil yaitu diet plan, ini bisa kita buat sendiri baik itu tulisan tangan maupun di print, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. ini harus kita catat selama 1 minggu kedepan. Dan seterusnya sampai badan kita ideal. Jangan lupa cantumkan BB kita per minggu serta lingkar perut ya. biar kita tau perkembangannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline