Lihat ke Halaman Asli

Robby Ardiansyah Hudaya

Universitas Gunadarma

Keindahan Kota Pangandaran

Diperbarui: 8 Juli 2024   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by Robby Ardiansyah

Kota Pangandaran merupakan salah satu kota paling ujung di daerah jawa barat, kota Pangandaran sendiri berbatasan dengan Kecamatan Langkaplancar di sebelah utara, dengan Kecamatan Sidamulih di sebelah timur, dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan dengan Kecamatan Cijulang serta Kecamatan Cigugur di sebelah barat. 

kota Pangandaran sendiri memiliki beberapa keindahan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu nya keindahan kota Pangandaran itu sendiri di dominasi dengan keindahan pada pantai nya yang cocok untuk tempat refreshing untuk liburan atau sekedar untuk menikmati bersama keluarga

Dibawah ini adalah beberapa tempat yang menawarkan keindahan kota Pangandaran :

1. Pantai Madasari

Pantai madasari merupakan salah satu pantai di provinsi Jawa Barat yang terletak di kota Pangandaran yang menawarkan sejumlah spot menarik dan seru, pantai ini juga menawarkan beberapa aktivitas yaitu berkemah dan surfing.

Di pantai madasari juga ada beberapa spot yang bisa dikunjungi seperti muara madasari, sebrotan, legok gandu, pantai cariu, karang seugeuh, batu leuit, dan surfing spot singkil.

Harga tiket masuk :

  • Sepeda motor: Rp 9 ribu
  • Minibus/sedan/jip: Rp 30 ribu
  • Elf/L300/dan sejenisnya: Rp 60 ribu
  • Bus sedang/truk/bermuatan 30 orang: Rp 120 ribu
  • Bus besar/bermuatan lebih dari 30 orang: Rp 170 ribu

Sewa camping ground dan tenda

Jika ingin berkemah di pantai ini bisa menyewa camping ground sekitar Rp 25.000 dan harus membawa tenda sendiri, jika ingin menyewa tenda di tempat bisa menyewa nya dengan harga Rp 125.000 untuk kapasitas 4-5 orang

Lokasi dan rute pantai madasari

  • Pantai Madasari terletak di Jalan Pantai Madasari, Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di tepi jalan raya.
  • Jika naik motor dari pusat kota Pangandaran, jaraknya sekitar 15 km atau bisa ditempuh sekitar 30 menit. Kamu bisa melewati Jalan Raya Cijulang dan terus ke arah selatan, kemudian Jalan Sasak Gantung dan menyeberang jembatan, kemudian masuk Jalan Jalur Batu Karas, hingga Jalan Pantai Madasari.
  • Jika naik mobil, jaraknya sekitar 20 km atau sekitar 35 menit. Kamu bisa melewati Jalan Raya Cijulang sampai melewati objek wisata Green Canyon, kemudian masuk ke Jalan Pasir Gadung, kemudian Jalan Raya Cimerak, belok ke Jalan Masawah, hingga Jalan Madasari.

2. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran, tepatnya di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar ± 7,7 Km dari wisata alam Green Canyon, dengan waktu tempuh ± 14 menit dengan menggunakan kendaraan.

Pantai Batukaras menawarkan daya tarik pantai yang landai ombak yang bagus untuk berenang, berselancar dan permainan air seperti banana boat; spot yang tepat untuk bersantai menikmati sunset dan sunrise.

Pantai batu karas juga menawarkan beberapa tempat yang cocok untuk berkemah dan hiking diantaranya adalah Karangnunggal yaitu pantai terpencil di area Batukaras yang memiliki bukit karang menjulang tinggi di bibir pantai yang sangat indah. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat view Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pelabuhan Bojong Salawe dan Pantai Madasari dari atas bukit Pantai Batukaras. 

Fasilitas pendukung yang ada di Pantai Batukaras diantaranya adalah tempat parkir, mushola, kamar mandi, warung makanan minuman, restaurant seafood, penginapan, penyewaan papan selancar dan ban renang serta sarana permainan banana boat.  

Harga tiket masuk

  • Pejalan kaki Rp 10.000 per orang 
  • Sepeda motor Rp 20.000 
  • Jeep atau sedan Rp 60.000 
  • Minibus kecil Rp 95.000 
  • Minibus besar Rp 135.000 
  • Bus kecil Rp 205.000 
  • Bus sedang Rp 295.000 
  • Bus besar Rp 515.000

Lokasi dan rute pantai Batu Karas

Jarak tempuh Pantai Baru Karas dari Kecamatan Parigi, ibu kota Kabupaten Pangandaran, sekitar 9,4 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

3. Green Cayon

Pesona aliran sungai Cijulang yang menembus goa dihiasi indahnya stalaktit dan stalakmit serta hujan abadi 

Green Canyon merupakan wisata alam yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, berupa aliran sungai yang diapit oleh dua buah bukit bebatuan yang menembus gua. Pada mulut goa dihiasi gemercik tetesan air yang menyerupai hujan abadi yang memberikan kesan kesempurnaan akan keindahan alam.

Nama Green Canyon pertama kali dikenalkan wisatawan asing asal Perancis bernama Bill Jhon yang mengaitkan dengan sebuah ngarai yang ada di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat yang membelah sungai.

Saat masuk ke Green Cayon ada 2 opsi untuk menyusuri sungai cijulang dengan menaiki perahu atau pun dengan body rafting, namun wisatawan bisa memilih untuk ke-dua nya.

Harga tiket Green Cayon

Harga masuk ke objek wisata Green Cayon cukup dengan Rp 10.000, namun jika ingin dengan body rafting dan perahu dengan waktu short time cukup dengan Rp 200.000 dan long time track Rp 225.000. Fasilitas yang didapatkan diantaranya, peralatan safety, mobil pick up, perahu penjemputan, tiket masuk objek wisata, asuransi wisata, makan 1 kali, river guide atau pemandu, free parkir, free kamar mandi dengan minimal 5 peserta.

Lokasi dan Rute Green Cayon

Akses menuju Green Canyon terhitung mudah, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Pangandaran menuju terminal Cijulang yang berjarak ± 27 km yang  dapat di tempuh sekitar ± 40 menit dengan menggunakan kendaraan.  Setelah itu, dari terminal Cijulang wisatawan dapat menggunakan ojek ataupun sewa mobil menuju Dermaga Ciseureuh, dengan waktu sekitar  ± 5 menit.  Angkutan umum dari terminal Pangandaran ke Cijulang mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB – 19.00 WIB dan sebaliknya dari arah terminal Cijulang ke terminal Pangandaran mulai beroperasi dari pukul  05.00 WIB – 16.00 WIB. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline