Lihat ke Halaman Asli

Gangguan Perkembangan Bahasa Verbal yang Terjadi pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 5 April 2022   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gangguan perkembangan bahasa verbal yang terjadi pada anak usia dini. 

Anak sebagai anugerah dari tuhan yang perlu kita rawat dan kita jaga dengan seutuhnya. Anak perlu ada nya bimbingan dalam segala hal termasuk hal perkembangan berbahasa mereka. Peran orang tua lebih penting untuk memperhatikan perkembangan bahasa anak, mengapa? Karena jika nanti anak memiliki gangguan bahasa agar cepat untuk menangani nya.

Hai semuanya... taukah apa yang dimaksud dari bahasa verbal itu? Jadi bahasa verbal itu atau biasa disebut sebagai bahasa komunikasi lisan yaitu sebagai salah satu bentuk komunikasi yang akan disampaikan kepada orang lain dengan cara tertulis bahkan bisa secara lisan. Bahasa verbal dibagi menjadi dua yaitu, bahasa verbal dan bahasa non verbal.

Ketika kita sedang berfikir, atau sedang mengambil keputusan itu akan lebih mudah jika diungkapkan nya secara verbal, kenapa? Karena pendengar atau pembaca itu akan lebih bisa memahami informasi yang kita sampaikan secara mudah.

Taukah kalian semua, bahwa didalam bahasa verbal ini juga memiliki gangguan perkembangan. Gangguan seperti apa itu? Jadi gangguan pada bahasa verbal ini dapat dikatakan bahwa ketidakmampuan dalam menggunakan symbol-simbol untuk berkomunikasi secara verbal.

Jadi bahasa verbal ini memiliki gangguan atau hambatan dalam perkembangan yang akan memicu pada keterbatasan dalam kemampuan berbicara dan berbahasa, apa sebabnya? Sebabnya dikarenakan (1). Usia atau biasa disebut disfasia jenis perkembangan ini yang tidak sesuai usia sebaya nya. 

Serta memiliki jenis gangguan yang muncul dikarenakan gangguan pada pusat berbicara. (2). Sindrom asperge, gangguan ini memiliki gejala yang muncul seperti gangguan dalam berinteraksi sosialnya. (3). Disintegratif. Yang dimana gangguan ini mengalami perkembangan normal tetapi pada saat usia 2 tahun ke atas anak akan kehilangan kemampuan apa yang dia kuasai. (4). Multisystem development

Dengan ada nya gangguan bahasa verbal, sebagai peran orang tua harus mengetahui apakah anak memiliki gangguan perkembangan bahasa, karena jika tidak langsung ditangani dengan baik maka akan mempengaruhi kedalam gangguan kemampuan membaca, berbicara, beradaptasi, fisik, dan kemampuan belajar nya. Peran orang tua lah yang paling utama dalam memahami perilaku masalah gangguan bahasa verbal yang terjadi pada setiap anak.

Bahasa verbal memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan dalam perkembangan bahasa verbal pada anak usia dini. Di dalam faktor ini adanya perbedaan yaitu, faktor internal dan faktor eksternal.

Apa saja faktor-faktor tersebut? Diantaranya

1. Intelegensi: jadi jika anak memiliki perkembangan intelegensi nya normal, maka akan semakin baik dalam perkembangan bahasa verbal nya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline