Lihat ke Halaman Asli

DKM Masjid Nurul Iman Bersama Warga RW 03 kedoya Selatan gelar Pawai Obor Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 19946 H

Diperbarui: 7 Juli 2024   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DKM Masjid Jami Nurul Iman

Jakarta, - Tahun baru Islam di Indonesia akan jatuh pada Minggu (7/7/2024) besok dan 1 Muharram 1446 H juga akan jatuh pada esok hari, Dalam sejarahnya, tahun Baru Islam berkaitan dengan peristiwa di tahun 622 M, ketika Nabi Muhammad dan para pengikutnya bermigrasi secara rahasia dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan hijrah.

Pada tahun 639 M, Umar bin Khattab sebagai khalifah kedua melembagakan kalender sebagai upaya mengatur kehidupan tradisi Islam. Sejak saat ini, Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Islam dan ikut dirayakan setiap tahunnya oleh umat muslim.

Di berbagai negara dunia, Tahun Baru Islam dirayakan dengan meriah melalui berbagai tradisi. Khususnya Seperti DKM Masjid Jami Nurul Iman dan Warga masyarakat RT 02,06,08 RW 03 Kedoya Selatan mengadakan acara pawai obor untuk menyambut tahun baru islam 1 muharram 1446 H di tahun 2024 Pada hari Sabtu malam tanggal (06-07-2024) pukul 20:00 WIB

Titik kumpul dalam rangka pawai obor menyambut tahun baru islam 1 muharram 1446 H di halaman Masjid Jami Nurul Iman yang berlokasi di alamat JL Pilar I No.6, RT.06/RW.03, Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Turut hadir dalam rangka Pawai obor menyambut tahun baru islam 1 muharram 1446 H, Dewan Suroh DKM Masjid Jami Nurul Iman Ustadz H Komarudin, bhabinkamtibmas Polsek Kebon jeruk kelurahan kedoya Selatan kecamatan Kebon jeruk Aiptu Suratmin, RT 002 M.Lani, Sekertaris RW 003 Makmun BJ, Paguyuban Villar One, tokoh masyarakat, dan anak anak beserta orang tuanya. 

Makmun BJ selaku Sekertaris RW 03 kelurahan kedoya Selatan mengatakan, kita sebagai umat muslim harus wajib menyambut tahun baru islam ini, untuk menyambut tahun baru islam kita rayakan dengan pawai obor keliling jalan dari masjid sampai ke jalan menuju kelurahan kedoya Selatan,  kami bersama warga RW 03 dan DKM Masjid Jami Nurul Iman selalu menjaga tradisi dari tahun ke tahun untuk menyambut tahun baru islam 1 muharram, ucap Makmun BJ saat di wawancarai awak Media, pada tanggal (06-07-2024) sabtu malam,, 

Pantauan awak media di lokasi masyarakat yang di sertai oleh anak anak, orang dewasa maupun orang tua beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat antusias menyambut tahun baru islam 1 muharram 1446 H dengan mengadakan pawai obor keliling jalan sambil membacakan sholawat dan di iringi oleh team hadroh dari DKM Masjid Nurul iman pada sabtu malam, pawai obor di mulai dari halaman Masjid Nurul iman sampai keliling kelurahan kedoya Selatan lalu sampai ke halaman masjid kembali. 

Indonesia Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai tradisi unik dalam perayaan tahun baru Islam, Pertama, yakni Pawai obor, di mana tradisi Tahun Baru Islam ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di desa ataupun kota besar. Dalam tradisi ini, masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa berkeliling memegang obor sambil melantunkan sholawat sepanjang jalan.

Tahun baru Islam adalah waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan spiritual dan pribadi baru, serta untuk mengevaluasi perjalanan kita dalam menjalankan ajaran Islam. Ini adalah kesempatan untuk merenungkan pencapaian kita sejauh ini dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada. 

Dengan memperkokoh hubungan dengan Allah SWT dan sesama, kita dapat memulai tahun yang baru dengan semangat baru dan tekad yang kokoh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline