KONEKSI MATERI 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Oleh: Roasih, S.PD. SD
CGP Angkatan 7 Kab. Brebes
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Kreativitas hanyalah menghubungkan berbagai hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Sesuatu itu tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat mengkoneksikan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru." -Steve Jobs-
A. Pemikiran Reflektif terkait pengalaman belajar
1. Pengalaman/materi pembelajaran yang saya peroleh
Dasar filosofi Ki Hajar Dewantara bahwa pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan(rakyat), yang mampu bergotong royong.
Modul ini memberikan gambaran mengenai proses pengambilan keputusan yang bertanggung jawab mengenai program-program sekolah yang memenuhi kebutuhan murid dan mendukung terwujudnya kepemimpinan murid(student agency). Kepemimpinan murid adalah kemampuan murid untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan, mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka pada orang lain dan melakukan tinadakan nyata sebagai hasil dari proses belajarnya.
Dalam pengeloalaan program yang berdampak kepada murid diperlukan adanya keterlibatan murid yakni suara(voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownersip) murid agar program dapat berjalan maksimal dan mampu menumbuhkan kepemimpinan murid(student agency).
Adapun karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid, sebagai berikut: