Lihat ke Halaman Asli

Roasih

Tenaga Pendidik Dindikpora Kab. Brebes

Koneksi Materi Modul 3.3

Diperbarui: 5 Juni 2023   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KONEKSI MATERI 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

Oleh: Roasih, S.PD. SD

CGP Angkatan 7 Kab. Brebes

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.

 

Kreativitas hanyalah menghubungkan berbagai hal. Ketika Anda bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Sesuatu itu tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat mengkoneksikan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru." -Steve Jobs-

A. Pemikiran Reflektif terkait pengalaman belajar 

 

1.  Pengalaman/materi pembelajaran yang saya peroleh

Dasar filosofi Ki Hajar Dewantara bahwa pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan(rakyat), yang mampu bergotong royong.


Modul ini memberikan gambaran mengenai proses pengambilan keputusan yang bertanggung jawab mengenai program-program  sekolah yang memenuhi kebutuhan murid dan mendukung terwujudnya kepemimpinan murid(student agency). Kepemimpinan murid adalah kemampuan murid untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan, mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka pada orang lain dan melakukan tinadakan nyata sebagai hasil dari proses belajarnya.


Dalam pengeloalaan program yang berdampak kepada murid diperlukan adanya keterlibatan murid yakni suara(voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownersip) murid agar program dapat berjalan maksimal dan mampu menumbuhkan kepemimpinan murid(student agency).


Adapun karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid, sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline