Lihat ke Halaman Asli

Randy Mahendra

Warga Biasa

Review Film "Fighter" Tayang di Bioskop, Berlatar Serangan Pulwana yang Bikin India-Pakistan Memanas

Diperbarui: 26 Januari 2024   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Fighter. (Sumber: IMDb)

Film aksi 'Fighter' yang diperankan trio bintang Bollywood yaitu Hrithik Roshan, Deepika Padukone, dan Anil Kapoor, ini tayang di bioskop Indonesia pada 25 Januari 2024.

Film yang disutradari  Siddharth Anand ini mengambil latar belakang Serangan Pulwana pada 14 Februari 2019. Serangan ini menargetkan konvoi kendaraan yang membawa personel keamanan.

Serangan tersebut dilakukan seorang pengebom bunuh diri yang mengendarai mobil di Lethpora (dekat Awantipora) di Distrik Pulwama, Jammu dan Kashmir, India.

Sebanyak 40 personel Pasukan Polisi Cadangan Pusat (CRPF) menjadi korban dari serangan tersebut.

Sementara, serangan ini menjadi pemicu ketegangan antara Pakistan-India. Kelompok Islamis dari Paskistan, Jaish e Mohammed mengaku bertanggung jawa atas serangan itu.

Lantas  India menyalahkan Pakistan. Kendati demikian, Pakistan mengutuk serangan tersebut, dan membantah hubungan dengan kelompok ektrimis.

Sinopsis Film Fighter

Cerita film 'Fighter' dimulai dengan pejabat Angkatan Darat Pakistan dan teroris yang mereka sponsori mendiskusikan rencana untuk menyusup ke terorisme di India.

Kemudian muncul perkenalan bintang utama di mana Hrithik berperan sebagai Shamsher Pathania alias Patty, yang merupakan pilot 'terbaik' di stasiun IAF Srinagar.

Tim khusus dibentuk dengan anggota merupakan penerbang terbaik di  Angkatan Udara India. Tim ini bertujuan untuk mengantisipasi  serangan musuh di base camp Srinagar.

Shamsher Pathania, a.k.a Patty (Hrithik Roshan), Minni Rathore a.k.a Minni (Deepika Padukone), Sartaj Gill (Karan Singh Grover), dan beberapa lainnya merupakan bagian dari tim ini. Rakesh Jai Singh, alias Rocky (Anil Kapoor), adalah Komandan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline