Lihat ke Halaman Asli

Arief Riady

Pemerhati Sosial - Gemstone Lover

Rasionalisasi Covid-19

Diperbarui: 25 Juli 2021   06:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

TENTANG PERMASALAHAN

Hampir 2 tahun masyarakat Indonesia terkungkung di dalam perangkap pandemi Covid 19 yang semakin lama semakin membuat banyak orang merasa bosan dan muak dengan segala bentuk berita dan informasi menakutkan, menyeramkan, dan mencekam yang didramatisir, baik yang berasal dari media elektronik atau media sosial internet. 

Sejak dari awal pandemi hingga sekarang berita dan informasi yang diterima oleh masyarakat berkutat itu itu saja, dan memang kebanyakan berita yang tersebar luas di media sosial internet bersifat toksik dan mempengaruhi mental banyak orang. Tidak heran, semakin kesini malahan membuat banyak orang yang seharus nya menjadi lebih rasional dan logis menyikapi ini, justru sebalik nya menjadi semakin paranoid dan tertutup.

Apalagi sampai kini, aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah pun tidak bisa membuat masyarakat Indonesia merasa tenang, malah yang terjadi sebalik nya  aturan-aturan yang dikeluarkan sering kali membuat masyarakat terbebani baik secara pergerakan maupun secara kehidupan ekonomi nya.

Hal ini terjadi karena masyarakat tidak mendapatkan edukasi yang baik dan jujur tentang literasi pengetahuan covid 19 ini. Edukasi yang baik dan jujur tentu nya akan membuat gelombang dan getaran positif pada masyarakat dalam menghadapi pandemi ini.

Tidak ada nya rangkuman dan intisari dalam bentuk buku saku mengenai edukasi yang baik dan jujur tentang Covid 19 sampai sekarang menyebabkan masyarakat tidak memiliki panduan yang baku, transparan dan jujur dalam menyikapi pandemi ini dengan rasional dan logis.

Saya akan memberikan sedikit contoh ilustrasi tanya jawab mengenai permasalahan yang kerap dihadapi masyarakat luas tentang apa saja yang beredar di masyarakat melalui media sosial internet dan obrolan-obrolan pinggir jalan seputar persoalan covid 19 ini. Yang mungkin, bisa saja, harapan saya dari pihak pemerintah terkait nanti nya akan mengeluarkan semacam intisari buku saku mengenai edukasi, informasi dan permasalahan tentang pandemi Covid 19 ini dengan jujur, transparan dan mengedukasi.

TENTANG PEMAHAMAN

Sedikit pemahaman bersama yang saya jadikan semacam ilustrasi tanya jawab untuk bisa dipahami bersama,

1. Q : Apakah hanya Covid yang bisa memperparah penyakit utama yg diderita seseorang ( komorbid ) hingga meninggal?

A : Jika seseorang telah memiliki penyakit utama/bawaan yang akut/kronis seperti asma, sakit paru-paru, diabetes, ataupun ginjal maka semua virus dan bakteri apapun selain Covid yang menyerang sistem imun tubuh akan dapat memperparah penyakit utama yg diderita dan tentu nya dapat menyebabkan kematian. Virus Influenza saja ( tipe A, tipe B, H5N1, H7N9, H1N1, dll ) bisa memperparah kondisi pasien penyakit utama hingga menyebabkan kematian_

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline