Lihat ke Halaman Asli

siti rokayah

mahasiswa

Manajemen dan Ilmu Pendidikan

Diperbarui: 13 Mei 2022   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengelolaan ataumanjemen pendidikan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan merencanakan ,mengorganisasikan  ,mengendalikan dan mengembangkan segala uapaya untuk mengatur dan mendaya gunakan sumber daya manusia ,sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif,efisien,dan produktif. 

Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan ,pengorganisasian,pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga mempergunakan semua sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang di tetapkan. 

Manajemen adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kejasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan .Manajemen juga ialah suatu kegiatan atau rangakaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang bergabung dalam organisasi pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisien.

pendidikan merupakan usaha manusia dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya baik secara rohani maupunjasmani. pendidikan juga merupakan usha sadar terencana untukmewujudkan suasana belajar diproses pembelajaran agar pesertadidik aktif mengembankan potensi dirinya .

Manajemen pendidikan merupakan rangkaian dari fungsi manajemen yang di kaitkan dengan bidang pendidikan. Manjemen pendidikan pada dasarnya merupakan alat-alat yang di perlukan dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Manajemen pendidikan sebagai suatu proses perencanaan ,pengorganisasian ,pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yg berupa man,money,materials,method,mashines,market,minute,dan information untuk mencapai tujuan yang efisien dalam bidang pendidikan .

Tujuan belajar manajenem  dan ilmu pendidikan tidak akan lepas dari tujuanpendidikan nasional,yaitu  bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa ,berakhlak mulia ,sehat,berilmu,cakap, kreatif,mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Fungsi manajemen pendidikan adalah elemen elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan di jadikan acuan oleh suatu organisasi dalammelaksanakan kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuanyang efektif  dan efisien.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline