Lihat ke Halaman Asli

Tips Dasar Belajar Efektif

Diperbarui: 21 September 2023   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Unseen Studio on Unsplash   

Mungkin sebagian dari kita bingung, bagaimana sih caranya agar mudah belajar? Bagaimana sih caranya mengahafal materi? Terkadang kita bingung memikirkan hal tersebut sehingga mood kita menjadi tidak bagus. Lantas bagaimana kita mengantisipasi hal tersebut? Mari kita simak tipsnya.

  • Doa

       Awali segala sesuatu dengan doa. Manusia bolehlah berusaha tapi takdir ada di tangan yang maha kuasa. Maka libatkanlah Tuhan di setiap berbuat kebaikan. 

  • Pahami pelajaran

       Ketika guru menjelaskan pelajaran, hal dasar yang mesti didapatkan adalah pemahaman. Tidak perlu menghafal apa yang telah disampaikan, karena setiap orang berbeda-beda dalam hal kemampuan. 

       Agar lebih mudah kedepannya minimal kalian paham secara garis besar apa yang telah disampaikan guru. Dengan kalian paham materi yang dipelajari, akan memudahkan kalian menghafal pelajaran atau memakai rumus.

  • Bertanya

       Jika kalian bingung terhadap materi yang dijelaskan, tanyalah baik kepada guru, teman ataupun internet. Jika kalian hanya diam dalam kebingungan tersebut, itu akan menghambat proses belajar kalian.

  • Belajar di luar kelas

       Selain belajar di dalam kelas, kalian perlu mengiringinya dengan belajar di luar kelas. Dengan seringnya kalian belajar di luar kelas akan meringankan beban otak dalam mempelajari ataupun menghafal suatu materi karena sejatinya apa yang kalian lakukan telah terulang berkali-kali.

  • Buatlah ringkasan

       Buatlah ringkasan dari materi yang dipelajari. Karena dengan meringkas suatu pembelajaran akan memudahkan kalian dalam menghafal dan mempersingkat waktu dalam belajar sehingga dapat mempelajari hal yang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline