Lihat ke Halaman Asli

Civics Caring

TIM PKM RSH 2021 UPI

Pengembangan Aplikasi Civics Caring oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa

Diperbarui: 4 Juli 2021   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.istimewa

Pada masa Pandemi Covid 19 ini semua aktifitas manusia dibatasi termasuk dalam dunia pendidikan, yang dimana hingga saat ini masih dilakukannya pembelajaran dalam jaringan atau yang biasa disebut dengan pembelajaran daring. Dengan pembelajaran daring ini dapat mengatasi penyebaran Covid-19 yang dimana semua siswa dan pendidik melakukan pembelajaran jarak jauh ditempat kediamannya masing-masing yang tehubung dalam sebuah jaringan internet, pembelajaran daring ini juga didukung dengan kecanggihan teknologi dan informasi pada abad 21 sekarang, akses internet yang cepat maka dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar.

Dalam dunia pendidikan tidak hanya mencetak siswa agar cerdas secara akademik namun juga membentuk siswa agar memiliki akhlak dan budi pekerti luhur serta karakter yang baik. Salah satu pihak yang berperan membantu membentuk dan menanamkan karakter pada siswa yaitu pendidik. Namun, dalam keadaan pandemi Covid-19 ini terdapat beberapa kendala dalam pemebentukan dan penanaman karakter tersebut, seperti hal nya kurang nya pengawasan terhadap siswa dan terjadi penurunan karakter pada siswa, keterbatasan ruang dan waktu dalam pembelajaran daring merupakan salah satu faktor terjadinya penurunan karakter pada siswa.

Ketika belajar dirumah peran orang tua sangat dibutuhkan dalam menanamkan karakter yang baik pada anaknya seperti membantu anak agar lebih disiplin, rendah hati, dermawan, tanggung jawab dan jujur serta membantu dalam proses pembelajaran. Namun, terdapat juga orang tua yang mengeluh saat membantu anak nya dalam belajar, karena kadang anaknya tersebut malas belajar, hingga kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas.

Berdasarkan suatu permasalahan tersebut maka Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang diketuai oleh Mutiara dan beranggotakan Noviani, Rizwan, Lussy dan Zahra, dengan dosen pembimbingnya Bapak Dwi Iman Muthaqin, S.H., M.H, tim PKM ini mengembangkan suatu aplikasi yang mengintegrasikan media pembelajarn berbasis pendidikan karakter dengan teknologi, aplikasi tersebut bernama Civics Caring (Character Building) sebagai solusi untuk membantu para pendidik dalam melakukan pembentukan karakter siswa dan memonitoring perkembangan karakter siswanya, PKM ini berhasil lolos pendanaan Kemendikbud.

Penggunaan teknologi yang semakin dibutuhkan di masa pandemi Covid 19 ini maka dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembentukan karakter yang diwadahi oleh aplikasi Civics Caring. Fitur dalam aplikasi ini meliputi fitur monitoring aktivitas para siswa, materi interaktif terkait nilai-nilai karakter, kumpulan dongeng atau cerita rakyat yang mengandung pesan dan moral yang dapat diteladani oleh siswa, tayangan video mengenai keberagaman bangsa dan nilai-nilai toleransi, game edukatif dalam bentuk kumpulan soal yang didalamnya terdiri dari tingkatan level dimana setiap levelnya mempunyai poin atu nilai sebagai bentuk rewards hal tersebut agar peserta didik lebih termotivasi dan juga penilaian serta testimoni dari orang tua atau wali dari peserta didik, terkait aplikasi Civics Caring.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline