Lihat ke Halaman Asli

Partai NasDem Terkontaminasi Politik Dinasti, Restorasi Lebak Hanya Wacana

Diperbarui: 22 Oktober 2022   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Oleh: Rizwan Comrade

Mesra nya pertemuan antara mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya (JB) dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sebagai isyarat bahwa oligarki politik lokal menghimpun dan mempertahankan kekuasaan di jejaring partai politik.

Kehadiran JB ditemani anaknya Mochamad Azzari atau dikenal Amal Jayabaya yang juga menjabat Ketua Umum Kadin Provinsi Banten ini semakin menegaskan dominasi kekuasaan Trah Jayabaya di partai politik Kabupaten Lebak

Namun, dengan bergabung Dinasti Politik Jayabaya ke partai Nasdem, ini menurut saya akan menjadi titik balik bagi partai Nasdem, yaitu mengalami kesulitan dan justru akan menyumbat suara mereka di Lebak.

Perlu diketahui bahwa rakyat sudah jenuh terhadap kondisi politik demokrasi di Lebak yang terus terkungkung oleh kekuasaan Oligarki. Bagaimana tidak, keluarga Jayabaya di Pemilu 2019 banyak kehilangan kursi, mulai dari DPRD, DPD RI dan DPR RI. Mereka yang berkonstelasi yaitu Diana Jayabaya, Calon DPRD Banten, Vivi Sumantri dan Suami dari Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sendiri yang mencalonkan sebagai DPD RI.

Hal inipun akan jadi ujian bagi Partai Nasdem yang mendambakan perubahan di Lebak akan sulit terwujud karena terkontaminasi politik Oligarki. Sehingga pengusungan slogan restorasi akan menjadi wacana belaka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline