Lihat ke Halaman Asli

Rizqi Nurul Barokah

Mahasiswa 23107030102 Ilmu Komunikasi UIN SUNAN KALIJAGA

Bank Sampah Surolaras, Aksi Nyata Penanganan Sampah di Yogyakarta

Diperbarui: 13 Juni 2024   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc. pribadi

Yogyakarta- Salah satu kota istimewa yang ada di Indonesia, kini menjadi daerah dengan tingkat permasalahan sampah yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah sampah yang dihasilkan telah meningkat akibat adanya peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat.

Sehingga dalam hal ini, masyarakat Notoprajan, Yogyakarta mendirikan bank sampah yang bernama Bank Sampah Surolaras dengan Ibu Ida sebagai pencetusnya.

Bank Sampah Surolaras berdiri pada tanggal 7 Januari 2012. Letaknya berada di Jl. Suronatan, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Dengan awal berdirinya bank sampah ini hanya beranggotakan 10 orang, namun 4 orang yang mengawalinya.

Berdirinya Bank Sampah Surolaras disebabkan akibat kondisi lingkungan yang keberadaan sampahnya menjadi sebuah permasalahan di Yogyakarta, sehingga pihak terkait mendirikan  Bank Sampah Surolaras dengan tujuan untuk mengelola sampah dan memanfaatkannya untuk bisa didaur ulang kembali menjadi bahan-bahan yang mempunyai nilai jual ekonomis.

Langkah awal yang dilakukan oleh pendiri Bank Sampah Surolaras adalah dengan mengedukasi masyarakat yang saat itu hanya fokus di lingkungan RT di wilayah Notoprajan saja, tujuannya adalah agar masyarakat bisa memilah sampah di lingkungan RT masing-masing. Sampah-sampah yang dipilah berasal dari bahan sisa makanan, bahan orgaik, bahan non-organik, alat elektronik, dan lain-lain.

Selain memberikan edukasi untuk masyarakat agar bisa memilah sampah, pihak Bank Sampah Surolaras juga memberikan sosialisasi mengenai maslah sampah hingga berbagai jenis sampah yang ada, serta keuntungan pemanfaatan sampah. Hingga masyarakat Suronatan memiliki kesadaran sendiri akan pentingnya mengelola sampah.

Nah, selain memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, Bank Sampah Surolaras juga mempunyai beberapa program yang menjadi penunjang kegiatan rutinan disini lho.

Serta perlu diketahui bahwa Bank Sampah Surolaras kini telah menjadi pembina atau induk dari bank sampah yang ada, sehingga para anggota dari pihak Bank Sampah Surolaras seing kali diundang untuk mengisi dan menjadi pembicara di acara-acara seminar besar dan pelatihan diluar daerah Lho. Wah sangat luar biasa ya!

Dan tentu saja ini menjadi salah satu kebanggan tersendiri dan menjadi sebuah pencapaian yang besar bagi pihak bank Sampah, karena mereka telah berhasil untuk mengedukasi serta mengajak masyarakat agar lebih mempunyai empati terkait dengan permasalahan sampah di Indonesia.

Selain itu, Bank Sampah Surolaras juga telah banyak sekali menghasilkan produk-produk yang merupakan hasildari pengolahan sampah yang ada di sini, baik dari sampah organik maupun sampah-sampah yang bisa didaur ulang kembali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline