Lihat ke Halaman Asli

Rizqi Nanda

mahasiswa

Upaya Pencegahan Konflik Dalam Beragama

Diperbarui: 24 Juni 2023   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Agama merupakan komponen yang sangat penting dalam masyarakat. Namun apabila belum dilandasi dengan semangat saling menghargai satu sama lain maka akan timbul krisis toleransi dan pasti akan berujung pada konflik. Konflik yang timbul dalam keagamaan dapat di definisikan sebagai sebuah pertikaian yang berkaitan dengan perdamaian maupun kekerasan yang berkaitan dengan identitas.

Konflik agama sering timbul dikarenakan berbagai sebab. Salah satunya adalah ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi berbagai macam perbedaan yang muncul di sekitarnya. Dalam penanggulangan konflik, perlu tindakan dalam yang dapat meningkatkan sikap toleransi seperti pengetahuan moderasi beragama. Sehingga masyarakat dapat menjalankan agama sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai landasan perdamaian.

Dalam upaya pencegahan timbulnya konflik beragama istilah Pluralisme dapat menjadi sebuah landasan yang dapat menjadikan masyarakat dapat menerima maupun menghargai berbedaan satu sama lain. Dikarenakan pada dasarnya pluralisme dapat berpotensi mewujudkan kehidupan yang harmonis dan munculnya sikap toleransi  yang di dalamnya akan melahirkan nilai-nilai saling pengertian, saling menghormati, dan saling memahami satu sama lain.

Ada beberapa langkah yang dapat di jadikan sebagai upaya pencegahan konflik beragama:

* Memberikan nilai-nilai pendidikan keagamaan terhadap setiap masyarakat agar mempunyai wawasan keagamaan yang mumpuni . dan jika masyarakat tidak memiliki wawasan pengetahuan keagamaan maka akan muncul resiko tinggi dalam menimbulkan hal-hal yang memicu terjadinya Konflik.

* Memberikan bekal terhadap hal-hal yang positif serta meluruskan pemahaman-pemahaman yang keliru meliputi beberapa hal seperti menyebarkan nilai-nilai keagamaan melalu media, meliputi media sosial, media cetak, maupun ormas agar masyarakat tidak mudah terjerumus ke dalam sikap radikalisme.

* Melakukan dialog antar umat beragam agar masyarakat lebih terbiasa dalam bergaul dengan orang-orang ataupun kelompok yang dirasa berbeda.

Dan itulah tadi beberapa langkah yang dapat mencegah terjadinya konflik keagamaan. Semoga kita semua selaku umat beragama dapat hidup rukun dan saling menghargai satu sama lain serta selalu menjunjung tinggi sikap toleransi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline