Lihat ke Halaman Asli

Tanggal Berapa (Hijriah) Anda Lahir?

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal, bulan, dan tahun berapa sih anda lahir? Tentu semua pasti tahu dan hapal karena tanggal yang dimaksud adalah dalam kalender Masehi. Tapi gimana dengan tanggal lahir dalam kalender Hijriah? Saya yakin nggak banyak orang tahu.

Wajar karena penanggalan versi Hijriah sangat-sangat jarang dipakai (diingat). Kecuali saat akan merayakan hari besar Islam kayak masuk bulan Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, atau bulan Muharram, baru deh inget (itu pun yang 'ngeh'). Selain urusan tadi, kalender Hijriah nyaris nggak pernah dilirik, apalagi buat tahu tanggal lahir.

Iseng-iseng pengen tahu kapan ya saya lahir versi Hijriah, akhirnya saya tanya Mbah Google. Ternyata ada banyak situs konverter (pengubah) dari kalender Hijriah ke Masehi (Gregorian) dan sebaliknya. Salah satunya al-azim.com.

Anda tinggal masukkan tanggal yang ingin diketahui, lalu convert. Saya sendiri baru tahu kalau saya lahir tanggal 21 Rajab 1410 H (17 Februari 1990). Hehe. Di situs ini pun dicantumkan hari kelahiran, dan saya lahir Sabtu.

Namun situs ini memang tidak bisa dijadikan patokan seratus persen, karena penanggalan Hijriah memang tidak pernah 100 persen akurat dan pasti. Penentuan didasarkan pada perhitungan hisab dan rukyat yang sangat relatif. Berbeda dengan kalender Masehi yang dari sekarang saja Anda bisa tahu kapankah tanggal  22 Desember 2050.

Antara situs al-azim.com dan situs lain serupa seperti islamicity.com dan islamicfinder.org pun berlainan. Contohnya, 17 Agustus 1945 yang jatuh hari Jumat, pada al-azim.com adalah 8 Ramadan 1364 H. Sementara pada islamicity.com dan islamicfinder.org adalah 9 Ramadan 1364 H. Mana yang benar, mana saya tahu. Hehe.

Yah, walau selisih satu-dua hari, setidaknya bisa menambah panjang daftar riwayat hidup diri Anda. Hoho.

Salam berbagi.  :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline