Lihat ke Halaman Asli

Panen Padi, Warga Mengajak Mahasiswa KKN IAIN Kediri

Diperbarui: 9 Juli 2019   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN IAIN Kediri

Padi merupakan salahsatu tanaman yang banyak digandrungi warga Desa Tanjungwadung Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang, selain padi juga ada tanaman tembakau dan tebu. Minggu tanggal 7 juli 2019 pak tulus mengajak mahasiswa KKN IAIAN Kediri dengan petani lainnya memanen padi di ladangnya yang memiliki lebar sekitar 8500 meter persegi, ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada Mahasiswa tentang proses panen padi di desa tersebut.

Panen dimulai pukul 07.00, para ibu ibu petani mulai ngariti wet "memotong tanaman padi" kemudian ditaruh dengan rapi di sekitar ladang, mahasiswa dan bapak bapak bertugas mengambil dan memindahkan tanaman tersebut ke keranjang, kemudian langsung dibawa ke tetangga sebelah rumah pak tulus yang memiliki baan"tempat luas yang biasa digunakan untuk mengeringkan padi" , jadi setiap orang sudah memiliki tugas masing masing. Panen berjalan lancar hingga selesai sekitar jam 11.30

Pak tulus kemudian melanjutkan, merontokan padi di baan tersebut menggunakan mesin disel, hasil panen kali ini cukup memuaskan pak tulus memprediksi hasil kali ini bisa mencapai 6 ton karung yang dihasilkan dari ladang yang lebarnya 8500 meter persegi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline