Lihat ke Halaman Asli

Rizqi Nafisah Rahmahningsih

Universitas Ahmad Dahlan

Mengulas Asesmen di Kelas

Diperbarui: 28 Mei 2024   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Fase : D
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.
Tujuan Pembelajaran : Melalui model PjBL dan diskusi kelompok (C) peserta didik (A) dapat membuat (B) sebuah iklan sederhana dengan kreatif. (D)
Materi Ajar (Topik) : Iklan, Slogan, dan Poster
Jenis Asesmen : Formatif
Bentuk Asesmen : Projek

1. Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!

Bagian yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik yaitu asesmen formatif berupa lembar kerja peserta didik secara berkelompok untuk membuat iklan. Pada usia perkembangan 13-14 tahun sudah mampu memecahkan masalah dan menuangkan ide serta argumen dengan kemampuan operasionalnya yang semakin kompleks.

2. Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!

Bagian dalam asesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik yaitu pada asesmen formatif tersebut guru melakukan diferensiasi konten berupa proyek pembuatan iklan yang sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik.

3. Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!

Bagian dalam asesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik yaitu asesmen disusun menyesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik dan kesiapan belajar peserta didik. berdasarkan asesmen awal sudah diketahui bahwa peserta didik memiliki informasi dasar mengenai iklan. Selanjutnya guru memberikan video pemantik berupa tayangan iklan yang diharapkan peserta didik dapat memiliki gambaran awal terkait pembuatan iklan. Berdasarkan dengan kodrat zaman peserta didik guru menugaskan peserta didik membuat iklan yang sederhana dan memanfaatkan teknologi.

4. Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka?

Asesmen tersebut menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran yang tergambar dari asesmen formatif yang diberikan menunjukkan bahwa guru ingin melihat tanggapan peserta didik mengenai rangkaian pembelajaran sebelumnya. Guru memberikan ruang umpan balik berupa apa pertanyaan terkait informasi atau materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh peserta didik atau tidak. Selain itu guru memberi kan kesempatan bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terkait apakah peserta didik dapat menyelesaikan penugasan dengan baik atau tidak.

5. Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!

Jika saya menjadi guru di kelas tersebut hal yang ingin saya tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektifitas asesmen dengan cara mencoba berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik di kelas. Aaya akan memberikan konten pembelajaran sesuai dengan budaya peserta didik agar lebih relevan dan bermakna. Saya akan merancang lembar kerja yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan perkembangan mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline