Lihat ke Halaman Asli

Belajar Maharoh Kalam, Sendirian? Siapa Takut

Diperbarui: 10 September 2019   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.whateverittakesmotivation.com

Kosa kata merupakan kunci utama dalam mempelajari bahasa khususnya keterampilan berbicara. Mustahil jika ingin berbicara suatu bahasa namun tidak memiliki kosata yang cukup. 

Menghafal kosakata merupakan konsekuensi untuk masuk ke dalam kategori mampu dan menguasai keterampilan berbicara.

Menghafal mufrodat atau kosa kata bahasa Arab isim, fi'il, huruf merupakan inti dalam mempelajari maharoh kalam. Isim yang merupakan kata benda, Fi'il adalah kata kerja, Huruf adalah kata bantu. 

Cara untuk menghafal murodat--mufrodat tersebut lebih efektifnya disesuaikan dengan kecocokan diri sendiri, seperti membaca dengan terus-menerus, menghafal secara langsung, menerjemahkan teks Arab dan berbagai macam lainnya.

Setelah menguasai beberapa kosa kata bahasa Arab, langkah pertama yaitu menceritakan aktivitas yang dilakukan dari bangun sampai tidur kembali. Dalam tahap ini, hal yang tak boleh terlupakan adalah buku dan pena. 

Kosa kata yang tidak diketahui ketika menceritakan aktivitas keseharian, ditulis dalam buku dan menjadi PR untuk diartikan kedalam bahasa Arab serta dihafalkan. Hal ini dilakukan secara terus menerus sampai mampu menceritakan aktivitas keseharian dengan bahasa Arab secara komplit.

Langkah kedua yaitu merekam apa yang telah diceritakan dan diperdengarkan kepada orang yang dianggap mampu dalam maharoh kalam. Tahapan ini bersifat kondisional, hanya dilakukan ketika pembelajaran maharoh kalam dengan cara otodidak saja. 

Karena selaku pemula sangatlah memerlukan pembimbing guna memperbaiki ataupun membetulkan jika terdapat kesalahan dalam penempatan dan penggunaan mufodat.

Ketiga, mengembangkan kembali kemampuan dalam bercerita aktivitas sehari-hari menjadi pendeskripsian sesuatu. Melalui step bercerita, mengembangkan kembali mufrodat yang dipakai menuju ranah diskripsi. 

Pembelajaran ini dilakukan dengan cara memilih sesuatu untuk didiskripsikan, seperti sekolah, masjid, rumah, keluarga dan berbagai macam lainnya. 

Proses melakukannya tidak meninggalkan apa yang telah dilakukan dalam step awal (menceritakan aktivitas sehari-hari) buku dan pena digunakan untuk mencatat kosa kata yang tidak diketahui, kemudian dijadikan PR untuk diterjemahkan dalam bahasa Arab dan dihafalkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline