Belajar adalah suatu kata yang sudah akrab dengan semua lapisan masyarakat. Masalah pengertian belajar ini, para ahli psikologi dan pendidikan mengemukakan rumusan yang berlainan sesuai dengan bidang keahlian mereka masing- masing. James O. Whittaker, misalnya, merumuskan belajar sebagai proses di mana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Cronbach berpendapat bahwa learning is shown by change in behavior as a result of experience.
Belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.sedangkan pisikologi anak adalah pembahasan tentang faktor-faktor umum yang memengaruhi proses perkembangan dan perubahan yang terjadi pada diri anak untuk mempelajari tingkah laku anak yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah dengan menitik beratkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan anak.
jadi hubungan hubungan pisikologi dengan pendidikan sanagat erat kerena saling berkesinambungan dengan pisikologi para pendidik dapat mengetahui peserta didik nya dari segi keahlian da kelemahan nya dalam belajar
Daftar pustaka :
Dr. Afi Parnawi, M.Pd.2019.psikologi Belajar. CV BUDI UTAMA.Jl.Rajawali, G. Elang 6, No 3, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman
JL.Kaliurang Km.9,3- Yogyakarta 55581
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI