Lihat ke Halaman Asli

Rizky Yusron

Mahasiswa tingkat akhir prodi Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia

Pengalaman Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di PT. Hacktivate Teknologi Indonesia

Diperbarui: 7 November 2022   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dibawah kepemimpinan Bapak Nadiem Anwar Makarim saat ini meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar untuk perguruan tinggi dengan tajuk “Kampus Merdeka”. Program tersebut merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar yang memiliki tujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan agar mahasiswa memiliki pengalaman lain selain pembelajaran ilmu pengetahuan di kampus saja.

Kampus Merdeka memiliki banyak program di dalamnya, salah satu diantaranya adalah MBKM (Magang Bersertifikat Kampus Merdeka) dan MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat). Program ini bertujuan agar mahasiswa memiliki ilmu pengetahuan, skill, dan pengalaman bekerja di Perusahaan sebelum menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Program magang ini bekerja sama antara berbagai Universitas di Indonesia dan perusahaan yang disebut sebagai Mitra.

Salah satu Kampus yang bekerja sama dan tergabung pada program Kampus Merdeka adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Program MBKM ini dapat diikuti oleh mahasiswa dengan minimal sedang menempuh semester 5 dan dapat dikonversi pada 20 sks mata kuliah, program ini dilaksanakan dengan kurun waktu 5-6 bulan.

Proses awal yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk dapat mengikuti program MBKM ini adalah mendaftarkan diri pada website Kampus Merdeka kemudian mengisi data diri dan berkas dengan lengkap. Setelah itu, mahasiswa dapat mengikuti berbagai program yang tersedia salah satunya MBKM yang nantinya perusahaan atau mitra akan melakukan seleksi berkas dan interview pada kandidat yang memenuhi kriteria. Penulis (Rizky Yusron - 1904411) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan magang di salah satu industri Pelatihan dan Teknologi bernama PT. Hacktivate Teknologi Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan. Dimana pelaksanaannya dilakukan pada 2 fase yaitu pelatihan Bootcamp di Hacktiv8 selama 2 bulan (Februari - Maret) kemudian diarahkan untuk melakukan magang di Hiring Partnernya yaitu Prasetiya Mulya ELI selama 3 bulan sebagai Sosial Media Spesialist.

dokpri

Dengan pelatihan kerja tersebut diharapkan mahasiswa dapat melatih diri untuk menghadapi situasi kerja yang nantinya akan mereka hadapi kedepannya untuk bisa bersikap disiplin, kreatif, dan tekun serta memiliki etos kerja yang tinggi dan loyal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline