Lihat ke Halaman Asli

Rizky Pratama

Mahasiswa

KKN Mandiri Untag Surabaya 2022, Pemanfaatan Lahan Kosong sebagai Penanaman Sayuran Hidroponik

Diperbarui: 28 Juni 2022   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Foto Bersama Bapak RT 04

Surabaya, (Senin)27-06-2022. Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Rizky Pratama Putra Teknik Industri adalah salah satu peserta Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat yang melakukan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disalah satu Kota Surabaya, Tepatnya di desa Manyar Sabrangan IX, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

KKN dilaksanakan secara mandiri sesuai domisili masing-masing. KKN Mandiri dibimbing oleh Moh. Nor Ali Aziz, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan R-28. Program Kerja KKN ini yang dilakukan adalah Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Budidaya Sayuran Hidroponik.

dokpri

Foto Lahan Kosong

Diadakannya KKN ini sangatlah membantu untuk masyarakat terutama di Desa Manyar Sabrangan dengan pemanfaatan lahan kosong yang ada dapat dijadikan tempat budidaya sayuran Hidroponik. Akan tetapi lahan kosong yang akan digunakan ini sebelumnya dijadikan tempat penumpukan sampah oleh beberapa masyarakat sekitar lahan tersebut. Tapi dengan kegiatan ini nantinya lahan tersebut akan diubah menjadi tempat budidaya sayuran Hidroponik untuk mencegah pembuangan sampah di lahan tersebut.

Hidroponik merupakan suatu metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Budidaya hidroponik memanfaatkan air dan larutan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk penanaman hidroponik. Dengan begitu pemanfaatan budidaya ini bisa dilakukan oleh masyarakat sekalipun berada di daerah kota. Budidaya sayuran dengan Hidroponik merupakan pilihan yang cocok dengan pemanfaatan lahan yang kosong dan tidak besar dapat dijadikan objek budidaya sayuran hidroponik ini.

dokpri

Alat Sistem Hidroponik (Dokpri)

dokpri

Proses Merangkai Alat Hidroponik (Dokpri)

Semoga dengan kegiatan KKN ini dapat memotivasi dan memberikan contoh yang baik untuk masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih supaya mencegah terjadinya penyakit karena penumpukan sampah di lahan kosong tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline