Lihat ke Halaman Asli

Penyelenggaraan Konser Musik sebagai Wujud Perkembangan Teknologi

Diperbarui: 10 Desember 2022   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Dengan berkembangnya teknologi maka semakin luas juga penggunaannya dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang musik. Musik merupakan karya cipta berupa bunyi atau suara yang memiliki nada, irama dan keselarasan. Musik pertama kali di temukan oleh salah satu filsuf pada masa kejayaan Islam yaitu Al Farabi. Dimana beliau merupakan orang yang menemukan not not pada musik yang selama ini kita kenal. Selama itu musik terus berkembang hingga zaman modern. Musik pada Zaman ini tidak mengakui adanya hokum-hukum dan peraturan-peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, misalnya penemuan dibidang teknik seperti Film, Radio, dan Televisi. Pada masa ini orang ingin mengungkapkan sesuatu dengan bebas. Pada masa ini juga genre musik juga semakin berkembang diantaranya ada pop, jazz, rock, hip hop, blues, dan KPop yang pada saat ini tengah berada di puncak kejayaan.


Salah satu genre musik yang di pengaruhi oleh teknologi modern adalah musik K-Pop. Dalam perkembangannya musik kpop menyajikan berbagai macam pertunjukan yang salah satunya berupa konser. Menurut KBBI Konser merupakan pertunjukan musik di depan umum. Dimana seorang musisi atau grup akan membawakan lagu-lagunya di depan para penggemar. Konser K-Pop biasanya diadakan dengan tour di berbagai negara dengan di awali di Seoul, Korea Selatan, lalu ke benua Amerika dan Eropa, lalu ke Jepang dan yang terakhir adalah tour benua Asia yang salah satunya adalah Indonesia. 

Dengan adanya perkembangan teknologi maka informasi terkait penyelenggaraan konser yang berupa tanggal dan tempat dapat diketahui dengan mudah. Biasanya agensi akan menyebarkan informasi terkait konser melalui sosial media seperti Twitter, Facebook dan Instagram, selain itu biasanya informasi terkait konser akan tayang di acara berita televisi pada segmen terakhir. 

Selanjutnya perkembangan teknologi juga berguna dalam hal pemesanan tiket, yang dulunya tiket hanya bisa dipesan melalui loket tiket yang tersedia sekarang tiket bisa dipesan secara online melalui media partner yang disediakan oleh promotor, jika di Indonesia biasanya tiket konser bisa dipesan melalui aplikasi tiket.com , di Korea biasanya menggunakan platform yes.24 sementara untuk luar negeri biasanya menggunakan tiketmaster. 

Selanjutnya yaitu penyelenggaraan konser, konser yang dulunya hanya bisa di saksikan secara langsung kini akibat dari perkembangan teknologi konser dapat di saksikan secara online atau bisa ditonton melalui gadget dan barang elektronik lainnya. Biasanya online konser akan diselenggarakan bersamaan dengan offline konser jadi euforia konser dapat dirasakan  bagi penggemar yang menonton secara langsung dan yang berada di rumah. 

Dan yang terakhir teknis penyelenggaraan konser, biasanya saat konser berlangsung di perlukan sound dan lighting yang sesuai dengan lagu yang dibawakan karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan penggemar dan kesesuaian dengan lagu. Selain itu kamera sangat diperlukan saat penyelenggaraan Konser karena untuk merefleksikan musisi ke dalam screen proyektor agar penonton yang ada di samping dan belakang dapat melihat jelas bagaimana wujud musisi tersebut dan menikmati konser dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline