Pendampingan ke-4 ini berfokus pada evaluasi dan pengembangan proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada guru (Calon Guru Penggerak) mengenai praktik pembelajarannya dan membantu mereka menyusun rencana pengembangan diri.
Tahapan Pendampingan:
- Persiapan: Guru dan pengajar praktik menyiapkan berbagai dokumen seperti RPP, jurnal, dan instrumen observasi.
- Pra-Observasi: Dilakukan percakapan awal antara guru dan pengajar praktik untuk menyepakati fokus observasi dan membangun hubungan yang baik.
- Observasi Pembelajaran: Pengajar praktik mengamati langsung proses pembelajaran di kelas guru.
- Pasca-Observasi: Dilakukan diskusi untuk memberikan umpan balik, mengidentifikasi area yang perlu dikembangkan, dan membuat rencana tindak lanjut.
- Refleksi: Guru dan pengajar praktik merefleksikan proses pendampingan dan menyusun rencana untuk pendampingan berikutnya.
Tujuan Utama:
- Mengevaluasi praktik pembelajaran guru.
- Memberikan umpan balik yang konstruktif.
- Membantu guru menyusun rencana pengembangan diri.
- Meningkatkan kualitas pembelajaran.
Instrumen yang Digunakan:
- Buku pegangan pendampingan individu
- Jurnal pembelajaran
- RPP
- Modul coaching
- Lembar observasi
- Lembar catatan percakapan
- Lembar rencana pengembangan diri
Fokus Pendampingan:
- Praktik pembelajaran: Apakah guru telah menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran diferensiasi, dan budaya positif?
- RPP: Apakah RPP yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan telah direvisi berdasarkan masukan?
- Pengembangan diri: Apa saja yang perlu ditingkatkan oleh guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang lebih baik?
Singkatnya, pendampingan ke-4 ini merupakan sebuah proses kolaboratif antara guru dan pengajar praktik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H