Lihat ke Halaman Asli

Rizky Muhamad Fitrah

S1 TEKNIK GEODESI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Keren! Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Membuat Peta Batas Administrasi Dusun dan RT Desa Glinggang

Diperbarui: 15 Februari 2023   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peta Desa Glinggang Sebelum di-Update/Dokpri

Kompasiana.com, Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro (14/02/2023) - Desa Glinggang merupakan desa di kecamatan Pracimantoro yang terletak di paling barat yang berbatasan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Desa Glinggang terbagi menjadi 8 Dusun yaitu Dusun Glinggang, Dusun Balong, Dusun Kerjo, Dusun Tekil, Dusun Duren Kidul, Dusun Duren Lor, Dusun Bercak dan Dusun Genjahan. Desa Glinggang belum memiliki peta yang sesuai peraturan yang ada, begitupun Peta Batas Administrasi Desa Glinggang hanya berupa denah sederhana yang dicetak di kertas A4 berwarna hitam putih. Lebih jelasnya  dapat dilihat gambar diatas.

Peta Batas Administrasi sangat dibutuhkan dalam pembuatan peta tematik lainnya karena berguna dalam pengklasifikasian letak obyek yang dipetakan berdasarkan wilayah administrasinya. Mahasiwa KKN UNDIP membuat Peta Batas Administrasi Desa Glinggang dengan menggunakan referensi Peta Blok yang dibuat oleh Badab Pusat Statistik pada tahun 2019. Berikut adalah contoh Peta Blok Desa Glinggang.

Peta Blok RW 02 Dusun Balong oleh BPS (2019)

KKN UNDIP membuat Peta Batas Administrasi Wilayah Dusun dan RT di Desa Glinggang dengan skala 1:5000 berdasarkan peraturan BIG terkait skala penggambaran Peta Desa dan dicetak berupa MMT dengan ukuran kertas A0 yang kemudian diserahkan kepada perangkat desa Glinggang. Berikut adalah Peta Batas Administrasi Desa Glinggang.

Peta Batas Administrasi Wilayah RT dan Dusun Desa Glinggang/Dokpri

Penyerahan Peta Batas Administrasi Wilayah RT dan Dusun Desa Glinggang kepada perangkat Desa Glinggang/dokpri

Dengan adanya pembuatan Peta Batas Administrasi Wilayah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Glinggang terutama dalam hal pembuatan peta-peta lain selanjutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline