Lihat ke Halaman Asli

Derawan Surga Terindah di Muka Bumi

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14158668241599072221

Derawan,Surga Terindah di Muka Bumi

Ketika masyarakat Indonesia masih menyebut bali sebagai tempat terindah di Indonesia,mungkin orang orang yang mengatakan hal tersebut akan berfikir dua kali bila pernah berkunjung ke Derawan.

Bahkan banyak Peniliti Asing yang berbondong bondong datang ke Derawan karena disini banyak spesies hewan yang belum bahkan tidak dijumpai dimuka bumi ini kecaulai di Pulau Derawan.Bahkan Seorang Peneliti Australia menyatakan bahwa Derawan adalah surga bawah laut terindah di Muka Bumi.Perairan di sekitar Pulau Derawan juga menjadi tempat meyelam terindah di dunia.Udara yang masih alami karena jauh dari hirup pikuk perkotaan ditambah tembat yang sangat privat menjadikan tempat ini cukup diminati.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah spesies unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat Anda lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan. Spesies yang dilindungi lainnya adalah barakuda.

Banyak wisatawan asing yang sudah tahu lebih banyak soal keberadaan pulau eksotis ini. Sejumlah wisatawan Jepang dari Tokyo melalui travel yang ada di sana “tembak langsung” berangkat ke Singapura atau ke Sabah kemudian melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, lalu ke Tanjung Redeb menggunakan pesawat kecil.

Mereka memanfaatkan waktu mereka selama di Derawan dengan menyelam, menyusuri keindahan bawah laut di pulau tersebut yang memang merupakan lokasi terbaik untuk olahraga selam. Apalagi dengan kondisi pulau yang terpencil dan “masih perawan” kian menambah pesona siapapun juga untuk menikmatinya selama mungkin.

Tak usah jauh-jauh, hanya dalam jarak 50 meter dari bibir pantai, kita sudah dapat menyaksikan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan beraneka warna hilir mudik. Airnya sangat bening. Anda pun bisa menyewa snorkel seharga Rp 30 ribu per hari. Bila ingin menyelam lebih dalam, kita dapat menemukan ikan-ikan yang lebih “eksotis” seperti kerapu, ikan merah, ikan kurisi, ikan barracuda, teripang, dan kerang. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall” karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Total ada 28 titk penyelaman yang ada di sini. Penyelam butuh setidaknya 10 hari untuk menjelajah semua tempat itu.

Di mana sebenarnya Pulau Derawan Itu?

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.

Bagaimana transportasi ke Pulau Derawan?

Pulau Derawan terdapat di Kaltim.Untuk pergi ke san anda dapat terlebih dahulu transit di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan setelah ituPerjalanan pun bisa dilanjutkan menuju Kabupaten Berau melalui udara. Waktu tempuh dari Bandara International Sepinggan ke Bandar Udara Kalimarau (Berau) kurang lebih selama 30 menit. Setelah anada sampai dari Bandara Kalimarau anda dapat melanjutkan perjalannan menuju Tanjung Batu melalui jalan darat dengan mobil.Untuk sewa mobil harganya cukup bervariasi bisa mulai dari Rp300.000.Sesampainya anda Tanjung Batu dengan kapal cepat ke Pulau Derawan sekitar 20 menit. Harga mulai Rp 250.000 per kapal untuk kapasitas tiga sampai lima orang.

Namun Keika anda telah samapai di Pulau Derawan perjalannan panjang yang anda alami tak akan terasa dibanding dengan pesona alam derawan yang sangat indah.

Setibanya di Pulau Derawan, tentu Anda ingin mengelilingi pulau lain disekitarnya seperti Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua. Jika tujuan Anda untuk menyelam, bawalah alat selam dari Pulau Derawan yang banyak menyediakan jasa penyewaan alat selam dan snorkeling.

[caption id="attachment_374985" align="aligncenter" width="276" caption="id.indonesia.travel"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline