Lihat ke Halaman Asli

Rizky Hanifah

Mahasiswi

Masjid Raya Al-Falah, Masjid Ramah Segalanya Sediakan Makan Gratis Setiap Hari

Diperbarui: 18 Mei 2023   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Pernah gak sih kalian kalau lagi berpergian suka bingung mau istirahat dimana,makan nya dimana?Terlebih waktu sudah menujukkan waktu sholat dan mungkinkan butuh waktu istirahat sejenak ya setalah melakukan perjalanan jauh.Tapi ternyata masjidnya udah mau tutup.Kalau masih siang okelah ya mau berhenti dimana saja masih bisa,tapi kalau sudah malam gimana?Padahal kebanyakan masjid setelah selesai sholat berjamaah akan segera di sterilkan kembali dan juga ditutup.Eits...tapi tidak semua masjid seperti itu ya sobat.Masih banyak juga kok masjid disekitar kalian yang beroperasi 24 jam.Salah satunya Masjid Raya Al-Falah Sragen ini.

Siapa disini yang sudah kenal dengan Masjid Raya Al-Falah Sragen?

Setelah kemarin Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang menjadi perbincangan hangat dikalangan jamaah dan masyarakat sekitar.Kini saat nya Masjid Raya Al-Falah Sragen yang menjadi topik hangatnya.Kedua masjid ini bagaikan pinang dibelah dua,memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memakmurkan masjid dengan program-programnya yang unik.

Sama seperti namanya Masjid Raya Al-Falah Sragen berlokasi di Pusat Kota Sragen tepatnya di pinggir Jalan Raya Sukowati,Sragen.Selain Masjid Raya Al-Falah Sragen ini beroperasi 24 jam terdapat pula banyak fasilitas fasilitasnya yang tidak kalah menarik,antara lain Parkirnya yang luas,Masjid nya yang nyaman ,Toilet dan tempat wudhu yang bersih dan bonus nya adalah Para Takmir di Masjid Raya Al-Falah Sragen ini yang sangat ramah dalam melayani jamaah nya. Kalau fasilitasnya saja sudah bagus seperti itu pasti programnya juga gak kalah juga niih... Betul sekali sahabat

Masjid Raya Al-Falah Sragen memiliki prinsip yaitu melayani umat.Adapun salah satu programnya adalah selalu memperhatikan jamaahnya ,jangan sampai ada yang kelaparan.Kegiatan ini sering disebut Warung Makan Rakyat.Dimana setiap harinya selalu disediakan makan gratis untuk jamaah dan semua musafir yang berkunjung ke masjid.Selain makanan disediakan pula minuman seperti teh dan jahe.Prinsip melayani umat ini para Takmir menyebutnya sebagai masjid 3M (Makan-Makan-Makan).Dengan dijulukinya Masjid 3M (Makan-Makan-Makan) Banyak pemulung,tukang becak dan anak-anak yang setiap pagi datang hanya sekedar untuk makan di Masjid Raya Al Falah,MasyaAllah...

Bagi kalian yang sedang berpergian jauh dan bingung mau istirahat dimana dan kebetulan ada di wilayah Sragen dan sekitarnya ,Masjid Raya Al-Falah ini bisa menjadi solusi kalian.Bagi para musafir yang ingin bermalam dan beristirahat di masjid juga sangat dipersilahkan.Karena selain program Masjid 3M yang sudah disebutkan diawal tadi .Masjid Raya Al-Falah juga menyediakan penginapan gratis bak hotel kapsul yang dilengkapi dengan kasur.Waduhh udah seperti di hotel aja ya sobat... Total ada 55 sleeping box yang disediakan bagi para musafir agar pulih tenaganya usai beristirahat.

Selain itu halaman Masjid Raya Al-Falah Sragen juga tidak kalah menarik.Karena ditumbuhi dengan pohon rindang dan tentu nya fasilitas Free Wifi sehingga suasana nya menjadi nyaman dan sejuk. Dan mungkin menjadi salah satu spot menarik bagi para remaja untuk hanya bisa sekedar ngopi,nongkrong,ngobrol bersama teman-temannya.


Banyaknya kegiatan yang berjalan di Masjid Raya Al-Falah Sragen inilah yang membuat masjid ini tidak pernah sepi.Meski diluar bulan Ramadhan,jamaahnya selalu ramai.Hal ini yang menjadi daya tarik perhatian masyarakat muslim dari dalam maupun dari luar Sragen.Karena masjid ini terletak di Jalan Utama Kota Sragen sehingga banyak musafir yang memanfaatkan masjid ini sebagi tempat peristirahatan .

Dari banyak program yang sudah disampaikan tadi.Masjid Raya Al-Falah Sragen ini juga menerima kunjungan bagi takmir masjid lain yang ingin belajar tentang manajemen masjid sehingga masjidnya menjadi makmur  seperti sekarang.Seru kan? Lebih jelasnya sahabat bisa langsung aja ke Masjid Raya Al-Falah Sragen ya..Yuk ramaikan masjidnya.Semoga bermanfaat ya sahabat.Wassalamualaikum





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline