Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Musik Terhadap Manusia

Diperbarui: 6 Februari 2023   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di dalam kehidupan manusia membutuhkan sesuatu yang dapat bisa menenangkan suasana ataupun membuat hidup lebih berwarna, salah satu diantaranya yaitu dengan musik. 

Musik itu sendiri adalah salah satu sarana yang paling banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Dalam musik kita akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa. Musik merupakan salah satu seni yang menggambarkan atau melukiskan perasaan dan pemikiran manusia. Lewat keindahan lantunan suara atau nada dengan teknik tertentu.


Keberadaan musik dalam kehidupan manusia menimbulkan berbagai macam fungsi yang ada dalam musik itu sendiri, antara lain sebagai media estetik,  ekspresi, ritual keagamaan, dan sebagai media hiburan bagi manusia. Musik pun dapat menggunakan komposisi sebagai pengungkapan perasaan batin manusia.


Musik memiliki banyak beragam genre yang disajikan. Genre musik itu sendiri dapat diartikan sebagai penggolongan musik terhadap kemiripannya satu sama lain. Genre music yang memiliki lantunan indah dan intelektual yaitu musik klasik. Ada juga genre yang banyak disebut seseorang dengan musik yang memiliki alunan yang santai yaitu Jazz. 

Jika kita ngomongin tentang musik yang agak mellow namun tidak seperti Jazz yaitu genre musik R&B. Ketika mendengarkan musik dengan alunan yang sangat cepat biasanya disebut Rap. Dangdut termasuk genre yang sangat unik karena pembawaanya seolah olah menimbulkan gerakan yaitu bergoyang. Genre yang nada dan liriknya dibuat cenderung sederhana tapi nyaman di semua kalangan penikmat musik yaitu Pop.  


Pengaruh musik terhadap manusia itu sangat beragam diantaranya yaitu
1. Musik dapat menebak karakter atau kepribadian seseorang
Penelitian telah membuktikan jika kita mendengarkan 10 lagu favorit maka kita dapat menebak bagaimana kepribadian seseorang. Banyak sekali sifat kepribadian hasil dari penelitian tersebut diantaranya keramahan, stabilitas emosional, keterbukaan, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

2. Musik klasik dapat meningkatkan kemampuan visual
Tidak hanya remaja ataupun anak -- anak yang mendapatkan banyak manfaat dari Latihan musik, tetapi juga bagi penderita penyakit berat seperti stroke dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan dan perhatian visualnya ketika sedang mendengarkan music klasik. Hal demikian disebabkan karena musik itu sendiri bisa menjadi sebuah model dari terapi.

3. Genre musik ambience dapat meningkatkan kreatifitas
Ketika beraktivitas kita banyak mendengarkan music dengan lagu -- lagu yang semangat tetapi untuk kegiatan seperti bekerja dan belajar, musik -- musik yang keras bukan suatu pilihan yang baik karena dapat mempengaruhi pikiran kita yang sedang focus. Namun, dengan musik ambience dapat meningkatkan kreatifitas karena mendapatkan ketenangan lingkungan sekitar.

4. Mengasah musik dapat meningkatkan kemampuan motorik dan keterampilan
Studi menunjukkan jika anak yang memiliki pelatihan music selama 3 tahun atau lebih mempunyai performa pendengaran dan keterampilan motoric dibandingkan dengan yang tidak belajar music sama sekali.

Mengasah skill dari kecil pun dapat menganalisis informasi visual, seperti mengidentifikasi hubungan, persamaan dan perbedaan antara bentuk dan pola. Mereka juga baik dalam keterampilan verbal dan nonverbal.

5. Dapat mempengaruhi mimik wajah seseorang
Lantunan musik yang didengarkan seseorang dapat merespon berbagai macam perasaan seperti senang ataupun sedih. Kita bisa melihat mimik wajah yang sedih jika seseorang sedang mendengarkan lagu galau begitupun sebaliknya kita juga bisa melihat mimik wajah yang gembira jika seseorang mendengarkan lagu yang menimbulkan rasa kegembiraan pada orang tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline