Lihat ke Halaman Asli

Rizky Ardhani

Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Rekognisi UPI 2022: Kreasi Tanpa Batas Menciptakan Platform yang Cerdas dalam Program Kreativitas Mahasiswa 2021

Diperbarui: 8 November 2022   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pendidikan merupakan pondasi dasar bagi seseorang untuk dapat beradaptasi dalam perkembangan zaman. Apabila pendidikan dapat diterima dengan baik, maka seseorang memiliki dasar ilmu untuk dapat berpikir secara kreatif sebagai bekal bertahan hidup. 

Namun sayangnya, tidak semua siswa dapat menerima materi pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal. Sebagian siswa memerlukan bimbingan belajar tambahan di luar jam pendidikan formal. 

Les privat merupakan bentuk layanan pendidikan nonformal yang diselenggarakan untuk membantu pelajar memahami pelajaran formal dengan intensif secara pribadi. 

Data penelitian menunjukkan bahwa kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan oleh kebodohan atau rendahnya integritas. Seringkali kegagalan itu terjadi disebabkan oleh tidak mendapatkan layanan bimbingan yang memadai (Essyana dan Qoiriah dalam Mohidin dkk, 2019).

Era revolusi industri 4.0 sangat berdampak bagi sektor pendidikan di Indonesia. Terlebih generasi yang berusia 18-23 tahun saat ini atau lebih dikenal sebagai generasi Z, cenderung memberikan perhatian lebih pada penggunaan alat digital dan proses belajar yang terintegrasi. 

Alat digital diyakini mampu membantu generasi Z dan generasi selanjutnya dalam mengakses berbagai data dan informasi melalui internet (Rastati, 2018). 

Dalam hal ini, dapat dilihat bahwa siswa membutuhkan metode pembelajaran yang tidak sekadar aktivitas tradisional di dalam kelas, melainkan metode yang menyesuaikan perkembangan zaman, yakni pembelajaran berbasis teknologi (ICT). Kecanggihan teknologi mampu menghadirkan berbagai fitur yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi semakin menarik dan interaktif.

Salah satu kecenderungan terkait pendidikan 4.0, yakni pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dan mandiri yang diwujudkan melalui program e-learning. 

Dengan mengacu pada program tersebut dan memanfaatkan perkembangan teknologi, pembuatan platform digital bimbingan belajar diharapkan mampu memfasilitasi siswa untuk mengatasi kesulitan pada mata pelajaran di sekolah, membimbing siswa dalam menjalani proses belajar untuk mencapai tingkat tertentu, serta meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan akademiknya.

Dengan membuka peluang edupreneur bagi mahasiswa, menjadi pengajar dapat mengoptimalkan peran mahasiswa di bidang pendidikan. Usia yang tidak terpaut jauh dengan siswa akan membuat suasana belajar lebih nyaman. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline