Lihat ke Halaman Asli

Rizkyansyah Ramadhan

Pengangguran dengan gaya

"Bandung Photogrphy Month" Gelar kembali Pameran Foto yang Menarik

Diperbarui: 26 Oktober 2021   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

1 tahun lebih ditimpa pandemi, pengurangannya aktifitas, dan banyak berbagai aspek yang tidak berjalan akibat pandemi, kini bumi mulai normal kembali. Kebijakan Kemkominfo mengenai PPKM yang telah longgar menjadi kesempatan untuk memulai kembali kegiatan dan acara yang telah tertunda, namun tetap dalam protokol kesehatan.

Acara pameran fotografi adalah salah satu kegiatan yang redup saat pandemi, walaupun saat pandemi pameran fotografi tetap ada namun hanya dapat dilaksanakan dalam bentuk online. Pameran dalam bentuk online ini menjadi hal yang baru yang memiliki kelebihan dapat diakses oleh beragam orang dari berbagai tempat. Namun mungkin disisi lain seorang pameris merasa kurang puas dengan pameran online karena esensi yang dihadirkan tidak semenarik pameran offline.

Sabtu, 16 oktober 2021 Bandung Photography Month kembali menggelar acara pameran foto, setelah tahun 2020 lalu di tiadakan. karena Pandemi sedang dalam puncaknya. Pameran ini digelar kembali di pasar antik Cikapundung Bandung. Konsep tempat yang digunakan untuk pameran ini sungguh menarik dan di luar ekspektasi, pameran fotografi yang biasanya kita lihat diruangan dan memiliki banyak space dinding untuk memajangkan foto, namun tidak dengan konsep yang diberikan BPM ini.

Bandung Photography Month menggelar pameran ini tepat di lantai 3 pasar Antik cikapundung, yang kita ketahui yang namanya pasar adalah tempat yang ramai dan penuh barang, namun apa jadinya jika tempat seperti ini digunakan untuk membuat acara pameran foto? inilah salah satu keunikannya penempatan foto yang tidak selalu berada di dinding menjadi menarik, pasalnya terkadang kita mesti mencari dulu dimana foto-foto pamerannya dipajang.

Pameran ini memiliki lebih dari 100 foto dengan tema yang beragam dan menarik. salah satu tema yang penulis soroti adalah "Resiliensi" yang artnya adalah kembali pulih seperti normal secepat mungkin setelah di timpa krisis. Tema Resiliensi ini menjadi menarik karena fotonya dan juga sama seperti kegiatan pameran ini, kembali pulih dengan cepat setelah skip 1 tahun karena pandemi yang merajalela.

Kembali kepada keunikan pemilihan tempatnya, pasar antik Cikapundung ini bisa jadi nilai plus atau malah sebaliknya. Karena keramaian pasar dapat mengganggu partisipan ataupun pengunjung pasar yang terganggu oleh partisipan, hal itu kembali pada perspektif setiap orang yang datang dan merasakannya suasananya langsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline