Lihat ke Halaman Asli

Huri Dewi Rizkiyatul Amaliyah

22107030017. UIN Sunan Kalijaga

Suwar-Suwir Warna-Warni Khas Jember

Diperbarui: 20 Mei 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber/IDN Times

Siapa nih yang ga tau suwar-suwir? Benar sekali.. suwar-suwir adalah makanan ringan khas jember yang biasanya di buat oleh-oleh. Tapi kan ga semua nih tau suwar-suwir, apalagi yang rumahnya berada di daerah pulau jawa. Jadi disini penulis ingin menginformasikan tentang suwar-suwir khas jember. Konon, suwar suwir telah menjadi oleh-oleh khas Kota Jember sejak zaman Belanda, sudah lama bukan?. Meski ukurannya kecil, suwar-suwir ini hingga saat ini sudah identik sebagai ikon oleh-oleh dari kota jember loo.

Suwar-suwir adalah makanan khas jember yang terbuat dari tape (fermentasi dari singkong). dimana hasil fermentasi tape tersebut di campur dengan gula, susu, serta cokelat dan bahan-bahan lainnya. suwar-suwir memiliki cita rasa manis dan legit, suwar-suwir ini memiliki banyak sekali varian rasa, mulai dari cokelat, pandan, strobery, vanila, durian, sirsak dan masih banyak lagi varian yang dimiliki oleh makanan mungil khas jember ini.

Makanan suwar-suwir memiliki bentuk kotak-kotak kecil yang sedikit memanjang mirip dengan dodol , tetapi tekstur nya sedikit lebih keras dari dodol, banyak juga wisatawan yang menyebut makanan ini sebagai permen. eits.. jangan salah ya, ketika kalian sudah menikmatinya maka dijamin rasa lembut yang dimiliki oleh suwar-suwir dan rasa manisnya akan bercampur dan bisa memanjakan lidah kalian. Dan pastinya akan sulit untuk berhenti menikmatinya.

Suwar-suwir memang sangat cocok untuk menjadi teman oleh-oleh nih, karena sangat praktis dalam membawanya baik dalam perjalanan jauh maupun perjalanan dekat. Dengan model yang kecil dan ramah di kantong. suwar-suwir ini juga cocok untuk menjadi makanan santai di teras rumah dengan di temani kopi atau teh hangat yang menambah kenikmatan dalam menikmati makanan khas jember tersebut.

Jika kalian bertepatan pergi ke kota jember, jawa timur. tidak ada salahnya jika kalian membeli buah tangan suwar-suwir ini sebagai oleh-oleh ke rumah, karena harga suwar-suwir sangatlah terjangkau mulai dari 15.000 - 20.000 an saja dan kalian sudah dapat merasakan enaknya suwar-suwir khas jember dengan berbagai macam varian rasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline