Lihat ke Halaman Asli

7 Keuntungan Membangun Networking Bagi Anak Muda

Diperbarui: 7 September 2015   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa sih keuntungannya membangun networking?

 

Membangun relasi yang baik dengan orang lain adalah salah satu formulasi untuk meraih kesuksesan. Alasannya banyak orang telah membuktikan bahwa nilai baik saja tidak secara otomatis dapat mengantarkan kamu menyentuh keberhasilan yang diimpikan. Karena itu sepintar dan setinggi apapun nilaimu di perkuliahan, kamu tetap harus mampu membangun networking yang menguntungkan.

Selain untuk kepentingan meraih mimpi, membangun networking ternyata memiliki banyak keuntungan yang bisa jadi belum kamu ketahui. Nah agar kamu mengetahui apa sih keuntungan dari membangun networking, berikut ini Veryfund sengaja mengulas beberapa hal yang akan kamu dapatkan jika memiliki “jaringan pertemanan” yang baik dan luas:

1. Memiliki networking yang baik akan mempercepat seseorang meraih cita-citanya

Keuntungan membangun networking

Sumber: playbuzz.com

Di dalam hidup ini kamu tentu memiliki banyak capaian hidup yang diidamkan. Mungkin sebagian ada yang ingin bekerja di perusahaan besar, membangun bisnis pribadi, atau ada yang pula yang ingin membuat sebuah pertunjukkan seni berskala nasional. Mempunyai cita-cita besar jelas tidak diharamkan. Asalkan kamu mau berusaha, sebesar apapun mimpimu pasti bisa terlaksana. Selain usaha dan doa, untuk membangun cita-cita tersebut peran networking ternyata juga cukup esensial.

Memiliki teman yang banyak serta berpengaruh dapat diibaratkan sebagai dinamo yang bisa mempercepat langkahmu menggapai keberhasilan tersebut. Misalnya saja kamu bercita-cita memiliki bisnis dan telah berteman dengan para pengusaha yang bisa kamu manfaatkan keberadaannya untuk membantumu mengembangkan bisnis tersebut. Dari mereka kamu bisa mencuri ilmu mulai dari penggarapan ide, eksekusi, sampai dengan memanajemen bisnis. Memiliki networking pada kenyataannya bisa membuat orang lebih cepat meraih cita-cita daripada mereka yang tidak mempunyainya.

2. Banyak pengusaha mengakui bahwa networking membantu meningkatkan pendapatan yang mereka punya

keuntungan networking

Sumber: nya.org.uk

Pada tahun 2008 lalu sebuah perusahaan bernama Upwardly Mobile yang bekerja sama dengan Universitas Graziadio merilis sebuah riset yang menemukan sebuah fakta bahwa networking terbukti mampu meningkatkan pendapatan dan juga pencapaian dalam karir. Survei ini dilakukan kepada 600 orang profesional yang dengan pendapatan tertinggi. Mereka mengaku bahwa kekuatan networking sangat berpengaruh pada keberhasilan yang dicapai saat ini. Orang-orang tersebut menggunakan jaringan pertemanan untuk membangun usaha, menjaring lebih banyak pelanggan, bahkan ada juga yang digunakan untuk melobi saat ada masalah.

Baca Juga: Kaya Tanpa Jadi Sarjana? Mungkin Kok

3. Networking yang baik adalah kunci ampuh untuk berbagai kesempatan

keuntungan networking

Sumber: news.cision.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline