Lihat ke Halaman Asli

Rizky Adhe Nugraha

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pembagian Susu dan Penyuluhan Mengenai Pentingnya Mengkonsumsi Susu bagi Anak-anak Usia Dini di Desa Malebo Kandangan

Diperbarui: 16 Agustus 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Temanggung(16/08/2022) Desa Malebo Kandangan memiliki jumlah penduduk yang banyak,begitu pula dengan jumlah anak-anak disana juga cukup banyak.Akan tetapi kesadaran orang tua yang ada di Desa Malebo akan pentingnya minum susu bagi anak-anak usia dini masih tergolong rendah,karena masih banyak dijumpai anak yang memiliki gizi buruk dan juga lambatnya pertumbuhan tidak seperti anak pada umumnya.

Oleh karena itu,Rizky Adhe Nugraha,Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro ,Program Studi S-1 Peternakan ,Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) melakukan sosialisasi dan pembagian susu di posyandu Malebo pada tanggal (14/07/2022) sebagai salah satu upaya untuk menggerakan kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi susu bagi anak-anak usia dini dan balita.

Pembagian susu oleh Mahasiswa KKN Undip di Desa Malebo Kandangan. dokpri

Susu adalah sumber protein dan kalsium yang baik, serta nutrisi termasuk vitamin B12 dan yodium. Susu ini juga mengandung magnesium yang penting untuk perkembangan tulang dan fungsi otot, serta whey dan kasein, yang telah terbukti berperan dalam menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi susu sejak dini dapat menjaga proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Kandungan fosfor dan kalsium yang terkandung dalam susu juga dapat membantu proses pertumbuhan gigi pada anak agar tetap sehat.Sebenarnya seberapa pentingkah minum susu itu?? Status gizi masyarakat Indonesia masih dalam kategori rendah hal ini terlihat dari jumlah konsumsi susu nasional yang tiap tahun mengalami penurunan. Pentingnya pengetahuan tentang minum susu masih belum seutuhnya merata dimasyarakat, sehingga perlu dilakukan penyuluhan. Dalam kegiatan ini juga, mahasiswa memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya minum susu dan memasang poster gerakan minum susu sebagai pengingat anak-anak yang berbentuk fisik.

Penulis : Rizky Adhe Nugraha (S-1 Peternakan)

DPL : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., M.H
Lokasi KKN : Desa Malebo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline