Lihat ke Halaman Asli

rizky

Mahasiswa

Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronika Sederhana oleh Kelompok 80 PMM Gelombang 2 untuk MIS Tarbiyatul Huda di Kelurahan Mergosono

Diperbarui: 1 Maret 2024   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jepretan Pribadi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 80 Gelombang 2 bertempat di Desa Mergosono Jl. Kolonel Sugiono No. 9, RT 05/RW 01, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Jawa Timur. Kelompok UMM yang terdiri dari 5 mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro dibimbing oleh Ir. Shanty Kusuma Dewi, ST. MT. Memiliki program kerja yaitu Kegiatan Belajar Mengajar sebagai tenaga pengajar. Selama pelaksanaan KBM tersebut kami juga membuat modul pembelajaran elektronika sederhana yang kami serahkan kepada MIS Tarbiyatul Huda.

Pembuatan modul yang dibuat murni dilakukan oleh kelompok 80 dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana dan murah, selain itu dalam pembuatannya terdapat video tutorial pembuatan modul pembelajaran sehingga dapat menjadi acuan kegiatan. Bahan dan alat yang digunakan mudah untuk didapatkan seperti, triplek, kabel 0.75 mm, Baterai AA, bohlam, fitting bohlam, sakelar, dan selotip.

Kelompok 80 mempresentasikan penggunaan pembuatan modul pembelajaran tersebut pada murid-murid kelas 4-6 MIS Tarbiyatul Huda dan kegiatan berjalan dengan lancar.

Sebelum mempresentasikan modul pembelajaran, kelompok 80 melakukan riset kebutuhan program yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan siswa MIS Tarbiyatul Huda yang dibantu oleh guru dari MIS Tarbiyatul Huda sehingga modul pembelajaran yang dibuat dapat diimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

Jepretan Pribadi

Modul pembelajaran yang dibuat mempelajari tentang rangkaian Listrik yaitu rangkaian paralrel dan rangkaian seri. Dengan adanya modul tersebut, kelompok 80 berharap dapat membawa banyak manfaat bagi siswa MIS Tarbiyatul Huda sebagai Upaya menambah ilmu tentang sistem kelistrikan sederhana.

Di akhir kegiatan pengabdian, kelompok 80 menyelenggarakan penutupan yang berisikan perlombaan, cerdas cermat, dan tebak kata. Disertai juga penampilan tarian dari siswa kelas 6 MIS Tarbiyatul Huda. Pada penutupan acara terdapat pembagian hadiah dan foto Bersama guru dan murid MIS Tarbiyatul Huda.

Semoga dengan adanya kegiatan pengabdian oleh mahasiswa PMM UMM dapat memberikan manfaat dan menjadi awal untuk kegiatan-kegiatan PMM pada tahun-tahun berikutnya sehingga menjadi kegiatan yang kontinu dan konsistem di MIS Tarbiyatul Huda.

Link YT




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline