Lihat ke Halaman Asli

Rizky Hidayat

Perluas Sudut Pandang, Persempit Memandang Sudut.

Empat Bekal Pembinaan Selama Ramadan

Diperbarui: 15 April 2021   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: wajibbaca.com

Bulan Ramadan merupakan bulan Tarbiyah (bulan pembinaan). Selama Ramadan kita menjalani serangkaian proses pembinaan diri dengan program-program yang sudah disetting oleh Sang Maha Pembina dan Pendidik (Rabb). Keluar dari Ramadan, kita diharapkan menjadi pribadi yang bertaqwa (muttaqin). Taqwa itulah buah dari Ramadan.

"Dan sebaik-baik bekal adalah taqwa" (QS. al-Baqarah 197).

Dengan demikian, bulan Ramadan adalah bulan mencari bekal. Dan bekal itu adalah taqwa. Bekal yang kita peroleh dari Ramadan merupakan nilai-nilai yang akan kita aktualisasikan sepanjang waktu. Jadikan sepanjang hidup kita seolah-olah bulan Ramadan. 

Di antara nilai-nilai tersebut, terdapat empat bekal pebinaan selama Ramadan yang dapat kita lakukan agar dapat melatih ketaqwaan kita agar menjadi lebih baik lagi, empat bekal tersebut ialah sebagai berikut.

Yang Pertama, Pengendalian Diri

Yang membatalkan puasa ialah makan, minum dan berhubungan suami istri di siang hari. Ini merupakan latihan agar kita sanggup mengendalikan dua macam syahwat (nafsu) yaitu syahwat perut dan syahwat kemaluan.

Disamping itu, terdapat pula hal-hal yang bisa mengurangi atau bahkan membatalkan pahala puasa. Hal-hal tersebut ialah pengumbaran syahwat anggota-anggota badan yang meliputi syahwat lisan, mata, telinga, tangan serta anggota-anggota badan yang lain. Dengan puasa, kita dilatih untuk mengendalikan syahwat anggota-anggota badan tersebut 

Yang Kedua, Interaksi Dengan Al-Qur'an

Bulan Ramadan merupakan bulan Al-Qur'an. Karena, dibulan inilah Al-Qur'an diturunkan. Al-Qur'an merupakan petunjuk bagiseluruh manusia pada umumnya dan bagi orang-orang yang bertaqwa (muttaqin) pada khususnya. Dengan demikian, salah satu ciri muttaqin ialah menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk hidupnya.

Untuk bisa demikian, kita harus senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur'an (mudaawamatut ta'aamul ma'alQur'anil Kariim). Dengan senantiasa mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an, kita akan menjadi generasi yang Robbani.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline