Lihat ke Halaman Asli

Tugas Ragam Bahasa

Diperbarui: 3 November 2020   14:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

RAGAM BAHASA

DEFINISI RAGAM BAHASA

Ragam Bahasa merupakan  bahasa menurut pemakaian, yang berbeda - beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Ragam bahasa ini timbul karena latar belakang budaya, sejarah, ataupun letak geografis. sehingga muncul berbagai variasi bahasa Indonesia.

Nah sobat !! Tau ga sih Ragam bahasa indonesia itu  begitu banyak. Tidak hanya menggunakan bahasa indonesia tetapi ada pula menggunakan berbagai ragam bahasa contonya saja di indonesia kata aku itu bisa jadi menggunakan bahasa asli daerah nya masing masing . Apalagi di bandingkan dengan negara lain pasti banyak istilah contoh kata lain seperti bakso ,apel dll itu penuh tanda tanya sih!!! Kenapa di sebut bakso ,apel atau di sebut dengan bahasa negara masing dan juga di perkirakan ada 7000 bahasa di dunia hmmm...begitu banyak bukan.

urutan bahasa yang terbanyak yang digunakan :

  • Bahasa mandarin
  • Ternyata bahasa mandarin di urutan pertama karena sudah digunakan sebanyak 1,1 miliyar orang.
  • Bahasa spayol
  • Dan yang kedua disusul oleh bahasa spayol yang sudah digunakan sebanyak 410 juta orang.
  • Bahasa inggris
  • Lalu disusul oleh bahasa inggris yang telah digunakan 330 juta orang

Bagimana sih sejarahnya ?? yuk kita telusuri dari mana ragam bahasa itu ada dan muncul ??

Ternyata menurut Noam Chomsky bahasa muncul 60.000 -- 100.000 tahun lalu di afrika , tetapi dulu kita hanya dari mulut kita yang  sebatasnya dan mengunakan gerakan isyarat tubuh .Setelah itu kita perlahan mulai memikirkan 2 benda contohnya APEL dan POHON lalu di jadikan satu kontruksi menjadi satu yaitu kombinasi menjadi pohon.Kemudian lama kelamaan kita menjadi tau kata benda,buah ,keaadaan dan lain lain.

Lalu kenapa begitu banyak?.. karena isolasi budaya  dulunya nenek kita mencari sumber makanan dari berbagai pulau sehingga nenek moyang kita terpisah sehingga membentuk bahasa baru yang di sesuaikan dengan alam sekitarnya.  Disinilah terbentuk  mengapa kita memiliki bahasa yang berbeda beda di setiap negaranya. Nah.. tentunya di indonesia begitu banyak kepulauan sehingga terdapat bahasa yang begitu unik dan beragam.

jadi raga Ragam bahasa ini kita bisa lihat memiliki berbagai macam jenis yang dibedakan berdasarkan tiga hal yaitu cara berkomunikasi, cara penuturan, dan topik pembicaraan.

Nah... asal muasal ini ternyata masih diperdebatkan dan masih di teliti sampai sekarang jadi silahkan belajar tentang ke aneka ragaman bahasa.

NAMA : RIZKY SHERLLY ARI PUTRI

NIM : 2240020055

PRODI : D4 ANLIS KESEHATAN 

UNIVERSITAS  : UNUSA 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline