Lihat ke Halaman Asli

Observasi dan Wawancara UMKM CV SJS Catering oleh KSM-Tematik Kelompok 40 Universitas Islam Malang

Diperbarui: 13 Agustus 2021   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Setelah melakukan kunjungan kerja pada UMKM Jamu dan Kripik Usus, kemudian anggota KSM-TEMATIK Kelompok 40. Pada Hari Rabu (11/08/2021) melakukan observasi dan wawancara pada CV. SJS Catering di Dusun Tenggulunan Desa Tunggulwulung yang berdiri sejak tahun 1998, sehingga pembuatan ayam dari hasil turun temurun. Saat anggota KSM-TEMATIK berkunjung kami bertemu langsung dengan Bapak Arifin selaku supplier ayam, beliau mengatakan bahwa ayam yang diolah diperoleh dari ternak ayam yang ada di beberapa kota sekitar Pasuruan, Malang, Blitar dan sekitarnya.

CV. SJS Catering menjual berbagai macam olahan ayam yang tersedia dalam beberapa macam bentuk, seperti ayam bacem, ayam potong frozen, dan ayam kecap frozen yang dijual di supermarket hingga rumah makan diberbagai kota di Jawa Timur. Pak Arifin juga mengatakan bahwa penjualan ayam siap makan tetap stabil walaupun dalam keadaan pandemi seperti ini. Setiap harinya CV. SJS Catering menjual kurang lebih 100-150 ekor ayam dalam bentuk frozen.

Dok. pribadi

Olahan ayam yang dijual CV. SJS Catering dibandrol dengan harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran ayam per bungkusnya. Karena pada saat pemotongan ayam dipilah berdasarkan berat ayam tersebut. Pak Arifin juga menjelaskan keunggulan ayam frozen yang diproduksi dapat bertahan hingga 2-3 bulan di dalam freezer karena menggunakan kemasan vacum press kedap udara khusus makanan, yang menjadikan olahan ayam lebih higienis dan terhindar dari bakteri. Tidak jarang juga warga sekitar memesan olahan ayam CV. SJS Catering untuk dijadikan oleh-oleh ataupun di makan sendiri.

Kelompok 40 KSM-TEMATIK : Muhammad Ilyas Oktavian, Mohammad Dzunnun, Meilinda Hamida, Yuyun Wijiastuti, Ighfirlana, Dita Octavia, Dinda Nur, Ni’matul Maghfiro, Rizky Amelia, Reiki Vega Diondah, Ahmad Wanto.

Dosen Pembimbing Lapangan : Nur Hidayah, S.E.,M.M




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline