Lihat ke Halaman Asli

Survey Rutinitas Kegiatan di Setiap Dusun Desa Tunggulwulung

Diperbarui: 11 Agustus 2021   05:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Setelah dilakukannya pembukaan KSM-TEMATIK kelompok 40 dan diterimanya KSM-TEMATIK di Desa Tunggulwulung, para anggota langsung menyelenggarakan survey lapangan terhadap rutinitas kegiatan di setiap dusun yang ada di Desa Tunggulwulung. Dilansir dari data yang telah diberikan oleh Kepala Desa Bapak Agung Fathurrohman, di Desa Tunggulwulung sendiri terdiri dari 6 dusun yakni Dusun Rejoso, Ketemas, Tenggulunan, Kedawung, Tegalwaringin dan Candi.

Survey Rutinitas Kegiatan di setiap dusun dilaksanakan pada hari Kamis (05/08/2021) dengan mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker guna mengurangi penyebaran virus covid-19. Kegiatan survey ini dilakukan dengan mendatangi rumah setiap Kepala Dusun dengan pembagian kelompok guna mempersingkat waktu kegiatan dengan membagi menjadi 3 kelompok yang disetiap kelompoknya terdiri dari 4 orang anggota.

Survey Rutinitas Kegiatan bertujuan untuk pendekatan anggota KSM-TEMATIK terhadap masyarakat di Desa Tunggulwulung. Dengan mengetahui kegiatan rutinan yang ada di setiap dusun, kami para anggota berharap bisa diterima di setiap kegiatan yang ada didusun dan bersedia membantu penyelenggaraan kegiatan jika diperlukan oleh warga dusun setempat.

Pada saat melakukan survey di Dusun Rejoso, kami bertemu langsung dengan kepala dusun setempat. Bapak Ismail Marzuki selaku Kepala Dusun Rejoso menyampaikan bahwa kegiatan rutinan dusun lebih banyak melakukan ibadah yang melibatkan semua warga Dusun Rejoso seperti, tadarus Al-quran di masjid, tahlilan yang dilakukan bergilir di rumah warga, dan banjari yang dilakukan oleh para remaja dan karang taruna Dusun Rejoso. 

Beliau juga mengatakan di Dusun Rejoso terdapat cukup banyak UMKM menengah kebawah yang belum maju karena minimnya modal dan sumber daya yang ada. Sehingga UMKM yang ada di Dusun Rejoso masih terbilang cukup kecil tanpa adanya pemasaran dan sebagainya.

Dokpri

Kemudian saat survey di Dusun Tenggulunan anggota kami hanya bisa bertemu dengan ketua Karang Taruna dusun setempat. Bapak Samsul selaku Ketua Karang Taruna menjelaskan bahwa di Dusun Tenggulunan terdapat kegiatan rutinan seperti menggelar doa bersama dan pengajian yang diselenggarakan setiap malam jum’at. 

Dalam survey yang anggota kami lakukakn Bapak Samsul juga mengatakan setiap bulannya Karang Taruna di Desa Tunggulwulung melakukan rapat gabungan untuk menyelenggarakan kegiatan Karang Taruna di Desa Tunggulwulung.

Kelompok 40 KSM-TEMATIK : Muhammad Ilyas, Mohammad Dzunnun, Meilinda Hamida, Yuyun Wijiastuti, Ighfirlana, Dita Octavia, Silvy Putri, Dinda Nur, Ni’matul Magfiroh, Rizky Amelia, Reiki Vega Diondah, Ahmad Wanto

Dosen Pembimbing Lapangan : Nur Hidayah, S.E., M.M




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline