Lihat ke Halaman Asli

Riz Ky

Belajar dari kesalahan

Filsafat Essensialisme di Dalam Pendidikan

Diperbarui: 21 Mei 2020   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum wr wb

Dengan mengucap sukur atas rahmat Allah dan karuniaanya kita diberikan kesehatan dan anugarah hingga bisa berbagi ilmu tentang filsafat essensialisme,kali ini saya akan membahas sedikit tentang aliran essensialisme dalam pendidikan

A. Filsafat ESSENSIALISME

Essensialisme adalah aliran filsafat yang terbentuk langsung dari dua aliran yakni filsafat idealisme dan aliran filsafat realisme , aliran ini telah muncul sejak zaman renaissance yang berpandangan terbalik dengan filsafat progresivisme. 

Aliran ini berpandangan bahwa kebudayaan manusia di zaman dulu menjadi bukti peradaban manusia menjadi lebih baik, dari situ aliran ini sangat menginginkan untuk makhluk hidup kembali pada budaya lama, karna kepribadian anak-anak masih mengacu kepada peradaban dan nilai-nilai agama. Namun di dalam pendidikan yang berperan penting yaitu hukum atau aturan agama.

Pendidikan memfokuskan terhadap anak peserta didik agar memiliki moral dan karakteristik agama yang kuat, dan tidak hanya menjadi suatu ilmu pengetahuan namun juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun bagi aliran ini sekolah merupakan pengatur dan penyiapan sebuah materi pembelajaran yang tertumpu kepada nilaiserta kebudayaan yang jelas terbukti kearifannya dan keelokannya dalam kehidupan manusia. 

Disini anak didik diharuskan bersosialisasi serta berkolaborasi dilingkungan masyarakat dengan memfokuskan anak didik agar mempunyai Kepribadian yang sesuai dalam ajaran agama

Kedudukan pengajar dalam aliran ini adalah sebagai guru yang mempunyai suatu wawasan pengetahuan yang luas dan juga metode evaluasi belajar yang bertanggung jawab. 

Guru juga harus menjadi teladan yang baik memberikan materi belajar yang didasarkan oleh nilai agama dan juga membimbing serta menekankan peserta didik agar mempunyai suatu kepribadian dan moral yang mumpuni. Siswa sendiri memiliki peran yang pasif dengan menuruti dan mentaati semua materi dan pengoperasian dalam kehidupan yang nyata.

B. Berikut salah satu Tokoh aliran Essensialisme

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline