Lihat ke Halaman Asli

Riz Ky

Belajar dari kesalahan

Filsafat Progresivisme dengan Tokoh-tokoh di Dalamnya

Diperbarui: 14 Mei 2020   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Progresivisme

     Progresivisme adalah aliran filsafat yang membahas tentang ilmu pengetahuan dan pembaharuan-pembaharuan yang lebih maju di dunia pengetahuan menuju arah yang lebih baik.  Dengan lahirnya manusia  tuhan telah memberikan pengetahuan wawasan luas terhadap sesuatu hal di bumi ini. 

     Progresivisme menginspirasi manusia agar selalu menjadi makhluk yang luas pemikirannya aktif dalam segala hal dan juga kreatif serta produktif. Namun suatu pengetahuan yang ada di dunia sangatlah beragam oleh karena itu manusia terus berfikiran maju dan manyangkut sesuatu yang ada dalam pikiran untuk memahami dan menguasainya.

      Keberagaman pola pikir manusia yang kreatif pasti melahirkan pemikiran yang berbeda, namun jika manusia ingin lebih baik dan juga fasih dalam segala hal perlu keyakinan ketekunan latihan dan kepercayaan diri yang tertanam , sedangkan siswa mengenai pendidikan progresivisme diharuskan selalu berfikir lebih kreatif mandiri dan keaktifan dalam belajar serta kekereatifan yang akan menumbuhkan pengetahuan yang luas ,juga akan terus berfikir kearah depan daoam segaoa ilmu pengetahuan.

B. Adapaun Tokoh-Tokoh dalam aliran pendidikan filsafat progresivisme yaitu :

  1. John Dewey : Dia berpendapat bahwasanya suatu pengalaman di dalam pendidikan itu penting pengetahuan yang didapat serta pembelajaran, dengan adanya suatu pengetahuan dan pengalaman yang kita pelajari maka itu akan menjadi mudah dan juga ringan,kita juga dapat belajar dari kejadian yang kita alami sebelumnya.

  2.  William Jeams : Dia berpendapat semua makhluk hidup pasti punya akal untuk berfikr, begitupun manusia wajib mengembangkan dan mengasah fikiran sebaik mungkin, supaya lebih mudah di dalam menangani dan menjalani kehidupan di muka bumi ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline