Lihat ke Halaman Asli

Rizky Dyah Puspa

Mahasiswi D3 Perpustakaan, Universitas Airlangga

Wattpad: Platform yang Digemari Remaja Masa Kini

Diperbarui: 7 Juli 2022   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa sih Wattpad itu? Wattpad merupakan sebuah platform digital yang memungkinkan penggunanya membaca atau menuliskan karya mereka pada situs tersebut. Karya yang masuk beragam, mulai dari cerpen, puisi, novel, dan lain-lain. Peminat situs atau platform ini cukup banyak, mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa.  

Pada dasarnya kegunaan Wattpad hampir mirip dengan blog pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah ada pada fitur-fiturnya, seperti halnya Wattpad memiliki hak cipta, fitur tag, dan yang terakhir fitur discover. Selain itu Wattpad juga acap kali menyelenggarakan sebuah penghargaan yang diberi nama “Watty Awards” guna mengapresiasi tulisan dari para penulis yang tulisannya paling banyak dibaca. 

Kemunculan platform ini seakan membawa angin segar kepada penulis pemula maupun penulis yang sudah lama terjun ke dalam bidang kepenulisan untuk mendapatkan pengalaman dan mengembangkan bakat menulisnya pada platform baru.  

Ada banyak jenis genre yang bisa dipilih dan dibaca oleh pembaca pada platform ini. Namun, genre yang menjadi favorit di antara para pembaca dan penulis adalah genre romansa remaja. 

Genre ini identik dengan alur cerita masa remaja atau SMA. Cerita dengan alur seperti itu banyak sekali muncul, sehingga untuk mencari bacaan yang sesuai dan sedikit berbobot agak sulit.  

Namun tidak dapat dipungkiri juga, dengan adanya platform ini bisa membantu orang-orang untuk menyalurkan hobi menulisnya. Bahkan mereka bisa mendapatkan fee dengan menulis pada platform Wattpad ini. Selain itu, penerbit-penerbit kini juga mulai melirik tulisan-tulisan unggul yang ada di Wattpad untuk kemudian mereka bukukan.  

Contohnya, ada Erisca Febriani, Wulanfadi, Ega Dyp, dan lain sebagainya. Ini membuktikan dengan hadirnya platform Wattpad memiliki sisi negatif dan positifnya juga bagi para pembaca dan penulis.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline