Lihat ke Halaman Asli

Suasana Pedesaan yang Damai

Diperbarui: 21 November 2022   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Berbicara tentang pedesaan merupakan salah satu wilayah atau tempat yang menyimpan kenengan suasana yang damai, tentram, dan tenang. Jauh dari suasana perkotaan yang bising dengan keramaianya, serta polusi udaranya. Suasana desa yang sejuk dengan pepohonan yang rindang, kicauan burung-burung yang beterbangan, suara aliran air sungai yang jernih, serta keindahan panorama alam yang indah membuat orang nyaman hidup di desa. Meskipun jauh dari perkotaan bukan berarti tinggal di desa itu sulit, mungkin saja kehidupan di pedesaan itu lebih baik dari pada diperkotaan.

Biaya hidup yang lebih murah, karena segala kebutuhan pangan dapat didapatkan dengan bercocok tanam, beternak , dan berkebun. Gaya hidup yang lebih sehat , karena suasana pedeseaan yang sejuk dengan udara yang masih bersih, makanan-makanan organik yang alami langsung dari alam. Bukan hanya Karena faktor lingkunganya tetapi juga di dukung oleh faktor sosialnya, seperti sopan santun dan ramah tamahnya, serta jiwa solidaritas , kepedulian dan gotong royong yang masih kental  dan melekat di pedesaan. Kondisi alam dan kondisi sosial di pedesaan membuat kehidupan terasa aman, tentram dan damai.

Suasana fajar dipagi hari dengan diringi suara ayam berkokok. Suasana siang hari dengan pancaran sinar Mentari yang hangat tidak terlalu panas. Suasana sore hari yang tentram dengan pancaran sinar senja yang indah, yang menampakan cantiknya Gerakan matahari yang perlahan-lahan terbenam. Suasana malam hari yang begitu tenang dengan pencahayaan sang rembulan yang terang, angin malam yang dingin menyegarkan, serta langit malam yang indah dengan dihiasi bintang-bintang bertebaran yang bersinar terang menebarkan cahaya berkilauan. Tidak ketinggalan suara jangkrik yang memecah keheuningan malam, membuat jiwa-jiwa yang kelelahan terlelap dan tertidur pulas dengan tenangnya dikeheuningan malam.

Sunguh nikmat sekali kehidupan di pedesaan, mengingatkan kita akan rindunya kampung halaman. Kampung kecil dengan sejuta kenangan yang taakan terlupakan, kehidupan pedesaan yang damai yang di harapkan dan di inginkan oleh semua orang. Jauh dibandingkan kehidupan di perkotaan yang sering mendapatkan tekanan baik dari beban kerja, gaya hidup perkotaan yang kebanyakan hedonisme, kemacetan dan lain sebagainya. Maka tak heran kehidupan di pedesaan yang damai banyak didambakan oleh orang-orang perkotaan. Dan salah satunya dengan liburan ketempat wisata yang memberikan pemandangan alam yang indah.

Oleh karena itu rawatlah dan jagalah suasana alam pedesaan yang sejuk agar tetap terasa dan terlihat keindahan alam yang sangat menakjubkan, sama halnya dengan suasana sosialnya yang sopan santun dan ramah tamahnya, rasa solidaritas kebersamaan, kepedulian serta gotong royong tetap menjadi budaya yang melekat di pedesaan. Agar suasana alam pedesaan yang sejuk, tenang, tentram dan damai dapat dirasakan oleh generasi yang akan datang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline