Lihat ke Halaman Asli

Bisnis Warung Kopi di Aceh yang Memiliki Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Diperbarui: 15 April 2021   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BISNIS WARUNG KOPI DI ACEH  YANG MEMILIKI PROSPEK YANG MENJANJIKAN DI MASA DEPAN
Disusun oleh:Rzky Andrea Nessa

Masyarakat Aceh tidak dapat dipisahkan dari yang nama nya kopi. Karena itulah, kedai kopi akan banyak kita temui di berbagai pelosok negeri berjuluk Serambi Mekkah ini. Baik siang maupun malam, berbagai lapisan masyarakat di Aceh mengisi waktu luang mereka untuk  bersantai minum kopi dan aktifitas lain nya, 

Tradisi minum kopi ini telah berkembang turun temurun seiring perkembangan Aceh sebagai salah satu daerah produsen kopi kelas dunia. Sejak era kolonial Belanda hingga sekarang, setidaknya ada dua daerah sentra produksi kopi di Aceh, yaitu Ulee Kareng dan Gayo. Kopi Ulee Kareng yang termasuk jenis kopi Robusta dihasilkan dari Kecamatan Ulee Kareng.

Sementara, kopi Gayo yang termasuk jenis Kopi Arabika di pasar dunia termasuk kelas kopi premium. Kedua jenis kopi inilah yang mengharumkan nama Aceh sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Tanah Air yang merajai 40% pasar dalam negeri, hal ini pun di manfaatkan oleh banyak pengusaha yang ada di aceh karena di lihat salah satu usaha yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan nya. 

Dan meningkat nya varian baru dari olahan minuman kopi dapat meningkatkan minat bagi semua kalangan tidak terbatas dari yang muda hingga yang tua, pria maupun wanita, miskin maupun kaya, semua berbaur tanpa sekat-sekat pembatas. Bisa dikatakan, kopi ibarat nafas bagi orang Aceh yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka sejak zaman kesultanan Aceh. Dan anak muda di aceh pun menjadikan kegiatan minum kopi sebagai sebuah lifestyle dan sebagai sarana menunjukkan eksistensi mereka.

Melihat data peningkatan konsumsi kopi tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang memiliki prospek yang baik ke depannya. Kini banyak para pebisnis hanya perlu menginovasikan konsep kedai kopi yang unik dan banyak varian dari kopi agar dapat menarik para konsumen tidak hanya tergantung dari tiga jenis minuman kopi saja yang familiar seperti kopi hitam, kopi susu  dan kopi sanger nya, sehingga mampu bersaing di dalam bisnis ini. Inovasi dalam pilihan menu yang disajikan pun dapat memengaruhi kesuksesan kedai kopi tersebut.

Kota langsa salah satu kota yang ada di aceh merupakan kota yang banyak terdapat usaha dari warung kopi nya, seperti sepanjang jalan Islamic senter kecamatan langsa barat yang banyak dipenuhi dengan usaha warung kopi, banyak pengusaha di kota langsa tersebut lebih  memilih usaha ini karena banyak nya minat dari masyarakat kota langsa dalam mengonsumsi kopi, karena di kota langsa pun kurang nya tempat hiburan lain nya dan masyarakat kota langsa memilih warung kopi sebagai tempat bersantai sekaligus tempat hiburan di kota nya, remaja kota langsa menjadikan warung kopi sebagai tempat tongkrongan dan tempat mereka menunjukkan esksitensi nya.  jadi pengusaha di kota langsa melihat ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan dan lebih diminati oleh kebanyakan pengusaha.

Perkembangan bisnis kedai kopi ini pun  diharapkan dapat  mampu mendorong konsumsi kopi domestik, sehingga para petani kopi lokal tidak bingung akan menjual kemana hasil perkebunannya, jika mereka ingin menjualnya di dalam negeri. Pemerintah dan perbankan pun seharusnya dapat lebih lagi memberikan kemudahan bagi para investor/pebisnis yang hanya memiliki modal kecil untuk dapat melakukan peminjaman modal, sehingga bisnis kedai kopi ini dapat lebih berkembang lagi dan dapat memajukan perekonomian Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline