Lihat ke Halaman Asli

Rizky Saputra

Mahasiswa IAIN Kudus

Kebersamaan di Tengah Kerinduan

Diperbarui: 27 Juni 2022   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan HUT/Dok Pribadi

Kekeluargaan yang sangat melekat ketika ada racana dari universitas atau perguruan tinggi yang sedang berulang tahun, maka sebagai racana sahabat perlu untuk mengucapkan selamat ulang tahun ataupun datang saat diundang untuk merayakannya. Sebagai bentuk solidaritas kekeluargaan dan kebersamaan sesama anggota Pramuka. Mencari relasi pertemanan tentu sangat penting dan juga bisa mempengaruhi masa depan kita. 

Terkadang sangat disayangkan ketika masa muda kita tidak digunakan untuk bersosial mencari relasi baru. Mungkin ketika suatu saat kita keluar kota dan membutuhkan pertolongan, maka kita bisa meminta bantuan kepada teman kita yang ada di kota tersebut. Tentu saja banyak sekali keuntungan jika kita memiliki relasi yang kuat satu sama lain.

Foto Kegiatan HUT (2)/Dok Pribadi


Pada tahun 2022 sudah ada kelonggaran untuk membuat kegiatan yang bisa mengundang orang lain datang secara offline atau tatap muka. Karena angka kasus Covid sudah mulai menurun dan dari pemerintah sudah mengizinkan untuk membuat kegiatan secara tatap muka tetapi tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan namun tidak seketat seperti dulu. Sejak akhir tahun 2021, kasus Covid di Indonesia mulai menurun semenjak digencarkannya vaksinasi secara masal.

Foto Kegiatan HUT (3)/Dok Pribadi


Pada tanggal 25 Juni, Racana Muria Wira Shima Universitas Muria Kudus berulang tahun yang ke 32 tahun. Sebagai bentuk rasa syukur, Racana Muria Wira Shima mengadakan acara syukuran sekaligus doa bersama sesama Racana dari universitas lain. 

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diadakan secara internal atau khusus untuk anggota sendiri. Solidaritas sesama racana sahabat maka dari Pramuka Wira Shima mengundang seluruh racana sahabat mulai dari kota Pati, Rembang, Jepara,Semarang, dan sekitarnya untuk dapat menghadiri acara tersebut.

Acara tersebut dimulai dari sambutan dari pembina Pramuka Muria Wira Shima, dan kemudian diisi oleh grup band SangKarasu yang merupakan grup band dari Universitas Muria Kudus itu sendiri. 

Lalu acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari berbagai racana yang sudah diundang sekaligus pemberian bingkisan dari Racana Muria Wira Shima kepada seluruh racana sahabat yang sudah menyempatkan waktu untuk dapat hadir. Kemudian, acara dilanjut dengan istirahat dan sekaligus penutup pada acara tersebut. 

Acara berjalan dengan baik dan lancar. Namun, ditengah-tengah acara tersebut hujan turun dengan sangat derasnya yang mengakibatkan para racana sahabat harus menunggu sampai sekiranya agak reda.

Dari kegiatan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kekeluargaan, rasa solidaritas, dan juga relasi yang luas itu sangat penting. selain menambah teman dari luar kota kita juga dapat saling tukar ilmu yang siapa tau akan bermanfaat pada kemudian hari. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline