Lihat ke Halaman Asli

Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sokolah

Diperbarui: 6 Juni 2021   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Menjadi kepala sekolah ternyata tidak mudah. Banyak sekali tugas yang harus diembannya, yang kesemuanya menuntut kompetensi yang prima dari seorang kepala sekolah. Dari sekian banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi 6 kompetensi. 

Kompetensi-kompetensi tersebut adalah: (1) Kompetensi Kepribadian dan Sosial; (2) Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran; (3) Kompetensi Pengembangan Sekolah; (4) Kompetensi Manajemen Sumberdaya; (5) Kompetensi Kewirausahaan; dan (6) Kompetensi Supervisi Pembelajaran.

Berkenaan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah tersebut, pada kesempatan ini saya hanya ingin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Kompetensi Kewirausahaan. Ada 5 sub kompetensi pada Kompetensi Kewirausahaan ini.

Pertama, Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah; kedua, Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran; ketiga, Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing; keempat, Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah; dan kelima, Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah. 

Berkenaan dengan sub kompetensi yang pertama, kepala sekolah dituntut untuk mampu menciptakan gagasan-gagasan yang kreatif, baru, dan berbeda, dalam bidang: proses pengelolaan sekolah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan); muatan lokal yang bernilai kewirausahaan; dan pendayagunaan sumberdaya pendidikan (uang, sarpras, informasi) dan pembelajaran. 

Selanjutnya, berkenaan dengan sub kompetensi yang kedua, kepala sekolah harus: memiliki keyakinan yang kuat bahwa ia mampu mencapai keberhasilan; memiliki visi sukses sebagai kepala sekolah; melaksanakan strategi yang tepat untuk mencapai visi suksesnya; berani menghadapi risiko yang ditimbulkan dari visi dan strategi yang dilaksanakan; melaksanakan refleksi dan perbaikan terus-menerus dalam menjalankan strategi untuk mencapai keberhasilan visinya; dan meraih berbagai prestasi secara berkesinambungan pada bidang-bidang yang relevan dengan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional. 

Kemudian berkenaan dengan sub kompetensi yang ketiga, kepala sekolah harus mampu mengusahakan agar setiap warga sekolah: memiliki visi sukses dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing yang sejalan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah; melaksanakan strategi yang tepat untuk mencapai visi sukses masing-masing; melaksanakan refleksi dan perbaikan terhadap kinerjanya menuju pencapaian visi suksesnya; dan mencapai prestasi-prestasi yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing pada berbagai tingkatan, antara lain tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional. 

Berikutnya, berkenaan dengan sub kompetensi yang keempat, kepala sekolah harus: berpendirian kuat dalam menperjuangkan pencapaian visi suksesnya; mampu mengidentifikasi dengan tepat masalah mendasar dan kendala yang dihadapi sekolah; mampu mengidentifikasi berbagai alternatif baru dan kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah; mampu memilih alternatif terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapi; melaksanakan secara konsisten alternatif yang dipilih; melaksanakan evaluasi dan refleksi terhadap masalah yang diidentifikasi dan pemecahan yang telah dilaksanakan; dan belajar secara terus-menerus melalui berbagai cara untuk menemukan cara-cara baru dan kreatif dalam mencari solusi terhadap masalah dan kendala yang dihadapi. 

Terakhir, berkenaan dengan sub kompetensi yang kelima, kepala sekolah harus mampu mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip: inovatif dan kreatif; rasa percaya diri yang kuat; berorientasi pada visi, misi, dan tujuan sekolah; kerja keras dan pantang menyerah; dan bervisi pertumbuhan.

Bagaimana? Ternyata tugas yang harus diemban oleh seorang kepala sekolah tidak ringan bukan? Ini baru satu kompetensi. Padahal masih ada lima kompetensi yang lain.

Meski berat, asal kepala sekolah memiliki komitmen dan semangat yang tinggi, tentu akan mampu menjalankan semua tugas kepala sekolah dengan sebaik-baiknya.*

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline