Lihat ke Halaman Asli

Rizkita ArumLarasati

Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Mendengarkan Suara Hati dari Teman-teman Rungu Wicara Melalui Kegiatan Feel Your Heart bersama Mahasiswa Kesos UMM di UPT RSBR

Diperbarui: 22 Agustus 2024   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi tim dunia tanpa suara

Pasuruan, 17 Agustus 2024 mahasiswa kesejahteraan sosial FISIP UMM yang berjumlah sebanyak 8 orang berhasil melaksanakan program yang bertajuk "feel your heart". Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Serbaguna UPT Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara Pasuruan. Feel your Heart ialah kegiatan dimana sebanyak 60 orang penerima manfaat yang ada di UPT RSBRW Pasuruan diminta untuk mencurahkan perasaan mereka melalui media kuisioner, yang mana pada kuisioner tersebut diberikan gambar avatar dan setiap PM berhak untuk menandai avatar mana yang sesuai dengan emosi mereka.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Feel your heart ialah sebagai salah metode agar kami dapat lebih dekat dengan teman-teman tuna rungu wicara yang ada di UPT RSBRW Pasuruan. Selain itu melalui kegiatan ini kami juga dapat melihat PM yang memiliki kekurangan dalam baca tulis ataupun sebaliknya. 

Kegiatan ini juga merupakan output dari kegiatan rekreasi yang telah kami laksanakan sebelumnya. Dalam kegiatan rekreasi kami mengajak PM untuk menonton bersama film pendek yang berjudul "Pulang". Berbagai respon emosi yang dirasakan oleh klien dapat kami ketahui melalui kuisioner tersebut. 

Walaupun ada beberapa PM yang mengalami kesulitan baca dan tulis namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk mereka dalam meramaikan kegiatan "feel your heart". Teman-teman tuna rungu wicara yang cukup menguasai bahasa isyarat dan mampu menjelaskan maksud dari kuisioner juga membantu kami dan juga teman-teman lainnya yang kurang memahami kuisioner sehingga kegiatan dapat berjalan dengan cukup lancar. Kegiatan tersebut berjalan selama kurang lebih 2 jam dan sebanyak kurang lebih 55 PM yang ada di UPT RSBRW Pasuruan berhasil mengisi form kuisioner yang telah kami bagikan.  

Berkat kegiatan Feel your heart kami dapat mendengarkan isi hati dari teman-teman tuli yang sebelumnya mungkin belum bisa kami pahami sehingga dengan begitu kami dapat menentukan concern untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan berikutnya sesuai dengan kuisioner yang telah diisi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline