Lihat ke Halaman Asli

Kunjungan Industri ke Bali Orange Communications (BOC) dari Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta

Diperbarui: 30 April 2024   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

BOC Indonesia merupakan sebuah brand di bawah badan usaha CV. Bali Orange Communication yang berdiri pada tanggal 25 Agustus 2003 di Bali tepatnya di daerah Denpasar, didirikan oleh Hendra W Saputro. Awalnya, perusahaan ini menggunakan brand Bali Orange Communication yang menyediakan web design di Bali.

Semakin kedepan permintaan web hosting dan domain name juga semakin meningkat dengan gunakan URL awal pada tahun 2003 di www.baliorange.net sampai tahun 2013 (Whois baliorange.net.). Kemudian hasil remarketing dan retargeting menegaskan bahwa ternyata pelanggannya tidak hanya Bali saja. Tetapi, 75% ribuan pelanggan perusahaan ini berasal dari luar Bali (seluruh Indonesia). Perusahaan ini melayani mulai dari profesional, pebisnis, organisasi, pemerintahan hingga korporasi. Maka atas kebijakan founder, baliorange.net melakukan re-branding menjadi BOC Indonesia dengan website usaha di www.boc.co.id (whois).

Sesuai visi BOC Indonesia "menjadi inspirasi bagi generasi bangsa", para siswa dan mahasiswa dari SMK dan Universitas maupun Sekolah Tinggi bisa berkunjung ke kantor BOC Indonesia. Sejak tahun 2012, BOC Indonesia dikenal sebagai tempat kunjungan industri IT di Bali. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa universitas teknologi Yogyakarta yang mengunjungi BOC pada tanggal 25 Januari 2012.

Sebanyak 50 mahasiswa/i Manajemen Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta mengunjungi kantor BOC. Rombongan tersebut baru saja tiba setelah alami perjalanan yang melelahkan dari Surabaya. Jadi belum check-in di hotel. Di sana, kota Pahlawan, mereka juga mengadakan kunjungan industri di perusahaan lain.

Mereka diterima oleh pihak perusahaan di pelataran halaman kantor, sebelum nantinya akan masuk ke ruangan dengan tujuan untuk menikmati masa-masa perjuangan BOC dengan berdiri sejenak. Pihak Perusahaan melalui Hendra W Saputro mulai menjelaskan sejarah, produk dan layanan serta keinginan BOC.

Raut muka mahasiswa yang seperti kelelahan tidak membuat suasana menjadi pasif. Mereka tetap aktif bertanya. Beberapa pertanyaan dari mahasiswa diantaranya adalah tentang bagaimana manajerial internal team BOC, bagaimana memulai bisnis web development dari nol tanpa modal, bagaimana mengubah kegiatan programming dan desain yang biasanya dilandasi hanya untuk tugas kuliah dan kegiatan iseng menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

Jika jawaban dari pertanyaan diatas dirangkum adalah, dulunya pada tahun 2002 memulainya hanya dengan membuat kartu nama, kemudian menyebarkannya ke teman-teman dan orang-orang yang baru dikenal. Setelah mendapatkan proyek, kegiatan menabung selalu dilakukan. Pendapatan sementara dibagikan sesuai porsi pekerjaannya masing-masing. Setelah tabungan besar, baru akan diinvestasikan untuk banyak hal sebagai upaya meningkatkan performa perusahaan.

Manajerial team dan membuat sistem bagi internal serta pelanggan adalah hasil proses dari dua hal, yaitu ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari para pebisnis senior dan proses dari kegagalan yang terjadi. Kegagalan bukanlah kiamat, namun kegagalan adalah proses menemukan kesalahan, sehingga kita tidak akan mau salah lagi. Dari proses tersebut, ditemuilah konsep kontrak kerja, prosedur operasional, dan lain sebagainya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline