Lihat ke Halaman Asli

Rizki Putri

Mahasiswa

Power Nap, Rahasia Istirahat Singkat yang Efektif

Diperbarui: 4 Juli 2024   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Power Nap (dokumen pribadi)

Manusia pasti pernah mengantuk dan kurang berfokus di waktu produktif mereka. Tidur siang menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Sebagian besar dari kita mungkin menganggap bahwa tidur siang itu sangat bermanfaat. Tetapi tidak semua tidur siang dapat dinilai bagus, loh. 

Tidur siang terlalu lama dapat membuat orang merasa linglung atau pusing. Maka dari itu tidur siang sejenak dapat menjadi cara ampuh yang dapat secara efektif menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Tidur siang yang efektif ini disebut 'power nap'.

Power nap atau tidur siang singkat merupakan praktik tidur selama beberapa menit hingga maksimal 30 menit di siang hari untuk mendapatkan kembali energi. Power nap telah terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, dan mengurangi kelelahan yang berkepanjangan. Banyak dari kita mengalami penurunan energi di tengah hari, dan inilah saatnya power nap hadir sebagai solusi praktis.

Manfaat Power Nap

Happy & Polly diolah kembali oleh penulis

Pada orang yang cukup istirahat, naps dapat meningkatkan kinerja di berbagai bidang seperti waktu reaksi, penalaran logis, dan pengenalan simbol, (Journal of Sleep Research, 2009).

Menurut Dr. Michael Grandner, Direktur dari Sleep and Health Research Program di University of Arizona, Tucson, Power Nap, antara 15 dan 45 menit, dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kelelahan sepanjang hari.

Power nap juga dapat:

  • Meningkatkan energi

Tidur siang sebentar untuk meningkatkan energi mungkin merupakan cara yang lebih baik untuk memanfaatkan waktu Anda.

  • Meningkatkan suasana hati

Dalam penelitian ini, tidur siang selama 20 menit terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan rasa percaya diri. Jika Anda mudah marah saat lelah, tidur siang dapat membantu.

  • Meningkatkan kewaspadaan

Power nap dengan baik dapat meningkatkan kewaspadaan dan perhatian Anda yang dapat berguna sebelum melakukan tugas yang memerlukan fokus, seperti mengemudi.

  • Konsolidasikan memori
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline